Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Berdasarkan Perspektif Abdi Dalem dengan Employee Engagement Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Nur Sekha,, 1550407058 (2012) Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Berdasarkan Perspektif Abdi Dalem dengan Employee Engagement Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Setiap individu bekerja demi mencukupi kebutuhan biologisnya, terutama kebutuhan akan uang. Namun, abdi dalem rela bekerja hanya berdasarkan atas nurani dan semata ingin mengabdi kepada Nagari Ngayogyakarta, meskipun pendapatan yang kurang mencukupi. Abdi dalem memiliki kesetiaan dan komitmen yang kuat untuk mencurahkan segenap tenaga demi tercapainya tujuan keraton, yaitu melestarikan budaya. Hal tersebut merupakan salah satu wujud employee engagement, yaitu suatu hubungan atau keterlibatan yang erat secara fisik, emosional, dan kognitif antara seseorang dengan organisasi atau perusahaan tempatnya bekerja, yang mengarahkan seseorang kepada sikap dan perilaku positif terhadap organisasi atau perusahaan demi tercapainya tujuan dan kesuksesan bersama. Tumbuh dan meningkatnya rasa engaged dapat dikarenakan beberapa hal, salah satunya kepemimpinan yang diterapkan sultan di keraton. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kepemimpinan transformasional berdasarkan perspektif abdi dalem dengan employee engagement abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Subjek pada penelitian ini berjumlah 65 abdi dalem tepas. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling atau studi populasi. Employee engagement diukur dengan skala employee engagement yang terdiri dari 37 aitem valid dengan koefisien validitas berkisar antara 0,262 sampai dengan 0,692 dan p<0,05. Skala employee engagament mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,916. Kepemimpinan transformasional diukur dengan menggunakan skala kepemimpinan transformasional yang terdiri dari 47 aitem valid dengan koefisien validitas berkisar antara 0,312 sampai dengan 0,785 dan p<0,05. Skala kepemimpinan transformasional mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,952. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan employee engagement pada penelitian ini tergolong tinggi. Sedangkan kepemimpinan yang diterapkan dikategorikan transformatif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepemimpinan transformasional dengan employee engagement dengan nilai koefisien r = 0,779 dan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan, yaitu “ada hubungan positif antara kepemimpinan transformasional berdasarkan perspektif abdi dalem dengan employee engagement abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat” diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: employee engagement, kepemimpinan transformasional, abdi dalem
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 21:29
Last Modified: 18 Sep 2012 21:29

Actions (login required)

View Item