Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas III SDN Ngaliyan 01Kota Semarang

Dewi Purwitosari,, 1402408311 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa dengan Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas III SDN Ngaliyan 01Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan data awal yang diperoleh melalui observasi di kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 kota Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru sering menggunakan model ceramah dalam mengajar, media pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sehingga siswa kurang aktif, cepat merasa bosan dalam pembelajaran menulis aksara Jawa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar menulis aksara Jawa?; 2) apakah model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis aksara Jawa?; 3) apakah model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa yang dimiliki oleh siswa kelas IIIE? Tujuan penelitian ini adalah 1) meningkatan keterampilan guru dalam mengajar menulis aksara Jawa di kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang dengan model quantum teaching; 2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis aksara Jawa pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang dengan model quantum teaching; 3) meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang dengan model quantum teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model quantum teaching. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 24, 5 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada siklus II mendapat skor 28,5 dengan kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat rata-rata skor 17,55 yang termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan rata-rata skor 19,3 yang termasuk dalam kategori baik. Persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada data awal adalah 36,10% sedangkan pada rata-rata siklus I mengalami peningkatan yaitu 71, 65% lalu mengalami peningkatan kembali pada rata-rata siklus II yaitu 86, 25%. Simpulan dari penelitian ini adalah model quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IIIE SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis aksara Jawa, model quantum teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 20:30
Last Modified: 18 Sep 2012 20:30

Actions (login required)

View Item