Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Petompon 01


Vera Rahma Faulata, , 1402408302 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Petompon 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Petompon 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Petompon 01) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Pembelajaran PKn di kelas IV SDN Petompon 01 mengalami kendala, antara lain guru kurang menguasai kelas, interaksi antara guru dan siswa belum optimal, serta pemanfaatan media pembelajaran yang kurang maksimal. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi dalam belajar, serta berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Guru menerapkan pendekatan CTL berbasis audio visual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas tersebut. Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn di kelas IV SDN Petompon 01 Kota Semarang? Adapun rumusan masalah khuhusnya adalah apakah dengan menggunakan pendekatan CTL berbasis audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Petompon 01? Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Petompon 01. Dan tujuan khususnya adalah mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Petompon 01 Kota Semarang menggunakan pendekatan CTL berbasis audio visual. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 35 siswa, 18 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki serta guru kelas IV SDN Petompon 01 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus 3 kali pertemuan. Indikator keberhasilan yaitu adanya peningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa dengan kriteria sekurang-kurangnya baik dan 80% siswa mengalami ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan CTL berbasis audio visual. Keterampilan guru pada siklus I 71,88 %, siklus II 87,5 % dan siklus III 93,75 %. Aktivitas Siswa pada siklus I 58,75 %, siklus II 77,31 %, dan siklus III 78,66 %. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 54,29 %, siklus II 71,43 % dan pada siklus III 85,71 %. Berdasarkan hasil data tersebut menunjukkan bahwa pendekatan CTL berbasis audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, CTL berbasis audio visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 00:27
Last Modified: 19 Sep 2012 00:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item