Keefektifan Penggunaan Media Audio-visual Filmstrip dalam Pembelajaran Kearsipan Materi Sistem Nomor pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak


Ariesa Prihartanti, 7101408241 (2012) Keefektifan Penggunaan Media Audio-visual Filmstrip dalam Pembelajaran Kearsipan Materi Sistem Nomor pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Audio-visual Filmstrip dalam Pembelajaran Kearsipan Materi Sistem Nomor  pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak] Microsoft Word (Keefektifan Penggunaan Media Audio-visual Filmstrip dalam Pembelajaran Kearsipan Materi Sistem Nomor pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Demak) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan hal yang penting dalam proses belajar mengajar, hasil belajar yang optimal diperoleh dari proses pembelajaran yang baik. Salah satu komponen yang penting dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran, dengan demikian kemajuan teknologi, perpaduan komputer dan video dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam bentuk audio-visual filmstrip. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual filmstrip lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2011/2012. Penggunaan teknik populasi sebagai sampel karena populasi kurang dari seratus (100) maka kelas XI AP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AP 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan media audio-visual filmstrip dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar, lembar observasi guru, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil postest kelas eksperimen (81,62) lebih tinggi daripada kelas kontrol (73,28). Penelitian juga didukung data yang berupa lembar observasi kinerja guru yang menunjukkan bahwa kinerja tergolong baik dan hasil tanggapan siswa terhadap media tergolong cukup setuju. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual filmstrip lebih efektif daripada pembelajaran metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar materi sistem nomor di SMK Negeri 1 Demak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual filmstrip lebih efektif daripada pembelajaran dengan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar kearsipan materi sistem nomor di SMK Negeri 1 Demak. Saran dalam penelitian ini adalah media audio-visual filmstrip dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran kearsipan materi sistem nomor, pembelajaran kearsipan materi sistem nomor menggunakan media audio-visual filmstrip efektif dilakukan 4 pertemuan, namun pembelajaran yang hendak dilakukan guru belum tentu efektif dengan 4 pertemuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Audio-visual Filmstrip, Hasil Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:31
Last Modified: 18 Sep 2012 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item