Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Konvensional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa pada Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Kelas VII SMP Al Islam Gunungpati Semarang


Yekti Prasetyani , 7101408221 (2012) Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Konvensional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa pada Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Kelas VII SMP Al Islam Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Konvensional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa pada Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Kelas VII SMP Al Islam Gunungpati Semarang] Microsoft Word (Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Konvensional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa pada Pokok Bahasan Kegiatan Pokok Ekonomi Kelas VII SMP Al Islam Gunungpati Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Al Islam Gunungpati masih kurang optimal dimana banyak siswa mendapat nilai kurang dari KKM. Hal ini disebabkan oleh rendahnya aktivitas belajar dan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dan pembelajaran yang terpusat pada guru. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS, penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Penerapan pembelajaran Quantum Teaching dapat menuntaskan hasil belajar IPS pada pokok bahasan kegiatan pokok ekonomi siswa kelas VII SMP Al Islam Gunungpati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Islam Gunungpati. Sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi yang tersedia, karena jumlah sampel kurang dari 100 maka penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians sama. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 65,68 dan kelas kontrol sebesar 61,26. dari hasil uji hipotesis dengan mengguanakan Excel diperoleh t = 2,198 t(0.95)(54) 1,67. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang disampaikan adalah guru harus mampu mengkondisikan siswa, guru perlu lebih meningkatkan pemantauan siswa selama proses pembelajaran, dan guru IPS SMP Al Islam Gunungpati dapat mengembangkan model pembelajaran Quantum Teaching dan model-model pembelajaran lain sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS khususnya pada pokok bahasan kegiatan pokok ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum teaching, Hasil Belajar, Kegiatan Pokok Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:29
Last Modified: 18 Sep 2012 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15509

Actions (login required)

View Item View Item