Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MA Yasis AT-Taqwa Pahesan Godong Kabupaten Grobogan

Alifah Nur Fitriana, 7101408199 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X dengan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MA Yasis AT-Taqwa Pahesan Godong Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang diharapkan akan memajukan bangsa kita. Pendidikan sangatlah penting didapatkan oleh setiap orang karna dengan seseorang memperoleh pendidikan maka seseorang akan tahu apa yang benar dan apa yang salah. Cara penyampaikan materi pelajaran kepada para siswa tidaklah mudah. Penyampaian materi pelajaran apabila tidak menggunakan model-model pembelajaran atau media akan membuat siswa kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut. Sehingga pada penelitian ini peneliti akan mencoba menggunkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai upaya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi pada kelas X MA Yasis AT-Taqwa Pahesan Godong Kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research)yang dilakukan terhadap siswa kelas X MA Yasis AT-Taqwa Pahesan Godong Kabupaten Grobogan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Yasis AT-Taqwa Pahesan Godong Kabupaten Grobogan yang terdiri dari 24 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, hasil tes tertulis dan hasil observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa yang sebelumnya pada observasi awal rata-rata 62,08 meningkat menjadi 64,58 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,79 pada siklus II. Pada observasi awal siswa yang tuntas belajar klasikal ada 9 siswa (37,5%) dan yang tidak tuntas 15 siswa (62,5%), pada siklus I siswa yang tuntas belajar klasikal ada 13 siswa (54,16%) dan yang tidak tuntas 11 siswa (45,84%) sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar klasikal ada 19 siswa (79,16%) dan yang tidak tuntas ada 5 siswa (20,84%). Selain itu juga terjadi peningkatan pada keaktifan belajar siswa. Keaktifan belajar siswa yang semula hanya 40% meningkat mencapai 55,47 % pada siklus I dan lebih meningkat lagi mencapai 76,54%. Setelah melihat peningkatan yang terjadi pada siklus I dan siklus II maka penelitian ini dihentikan pada siklus II karena hasil yang diperoleh sudah bagus. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diajukan saran bahwa pempebelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Ekonomi kelas X akan meningkatkan nilai hasil belajar, keaktifan siswa dalam pembelajaran dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Ekonomi, Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 03:25
Last Modified: 18 Sep 2012 03:25

Actions (login required)

View Item