Penggunaan Model Numbered Heads Together(NHT) dalam meningkatkan hasil belajar melalui Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Kantor pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Pati


Sinta Purnamasari, 7101408165 (2012) Penggunaan Model Numbered Heads Together(NHT) dalam meningkatkan hasil belajar melalui Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Kantor pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Model Numbered Heads Together(NHT) dalam meningkatkan hasil belajar melalui Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Persyaratan  Personil Administrasi Kantor pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Pati] Microsoft Word (Penggunaan Model Numbered Heads Together(NHT) dalam meningkatkan hasil belajar melalui Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Persyaratan Personil Administrasi Kantor pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Pati) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Kegiatan utama dalam proses pendidikan di sekolah adalah kegiatan belajar mengajar. Proses belajar mengajar merupakan penentu keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Selama ini pembelajaran di SMK Negeri 1 Pati menggunakan model konvensional dalam proses pembelajarannya. Dari hasil observasi awal di SMK Negeri 1 Pati diperoleh data bahwa pembelajaran Menyelenggarakan Prinsip-prinsip Administrasi Perkantoran di kelas X AP memiliki hasil belajar yang rendah. Tercatat pada kelas X AP 2 ada 27 siswa dari 39 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM, yaitu 78. Hal itu berarti presentase ketuntasan klasikal sebesar 30,8%. Untuk meningkatkan hasil belajar Menyelenggarakan Prinsip-prinsip Administrasi Perkantoran pada siswa kelas X AP 2 di SMK Negeri 1 Pati, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Pati. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah RPP untuk kelas treatment Numbered Heads Together dan kelas treatment konvensional, soal evaluasi tiap akhir siklus, lembar observasi siswa dan guru. Hasil penelitian kelas dengan treatment Numbered Heads Together diperoleh analisis hasil tes evaluasi siswa pada siklus I, menunjukkan hasil nilai rata-rata siswa sebesar 77 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 63% dengan nilai tertinggi 90, nilai terendah 65, serta banyaknya siswa yang tuntas 22 siswa dan sisanya 13 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan analisis hasil tes evaluasi siswa pada siklus II, menunjukkan hasil nilai rata-rata siswa sebesar 86 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91% dengan nilai tertinggi 100, nilai terendah 75, serta banyaknya siswa yang tuntas 32 siswa dan 3 siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas X AP 2 di SMK Negeri 1 Pati pada kompetensi dasar Menyelenggarakan Prinsip-prinsip Administrasi Perkantoran dengan menggunakan model Numbered Heads Together. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: bagi guru, pembelajaran dengan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajarandalam rangka menambah variasi model mengajar dan perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe Numbered Heads Together sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru dapat meningkatkan komunikasi dengan siswa agar siswa dapat memahami materi lebih dalam. Siswa lebih dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, supaya dalam proses belajar mengajar berlangsung optimal dan diharapkan lebih berani mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, dan Model Numbered Heads Together.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:23
Last Modified: 18 Sep 2012 07:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15505

Actions (login required)

View Item View Item