Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM) untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPS pokok bahasan Pembentukan Hraga pasar Kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tegal


Irtiana Febihastuti, 7101408045 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM) untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPS pokok bahasan Pembentukan Hraga pasar Kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM) untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPS pokok bahasan Pembentukan Hraga pasar Kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tegal] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( PAIKEM) untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPS pokok bahasan Pembentukan Hraga pasar Kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tegal) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kegiatan belajar menuntut siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri dengan cara mengaitkan ide/gagasan yang mereka miliki. Pembelajaran muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya, siswa secara rutin bekerja dalam kelompok sejawat menjadi aspek utama dalam pembelajaran. Dengan menggunakan model pembelajaran PAIKEM dapat mendorong siswa untuk belajar aktif dan saling membantu menguasai materi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan antara penerapan model pembelajaran PAIKEM dengan model pembelajaran Ekspositori . dengan model pembelajaran tersebut manakah yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kramat Tegal tahun pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran PAIKEM dan VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data ini berupa metode tes, dokumentasi dan angket. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen 70,76 dan kelas kontrol 60,79. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori dalam mengajarkan pokok bahasan pembentukan harga pasar. Dan hasil yang didapat berarti model pembelajaran PAIKEM lebih efektif dari model pembelajaran kontrol. Hendaknya pembelajaran menggunakan model pembelajaran PAIKEM diterapkan pada mata pelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model pembelajaran PAIKEM pada pokok bahasan pembentukan Harga pasar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 02:27
Last Modified: 18 Sep 2012 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15485

Actions (login required)

View Item View Item