Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang

Tresno Risniati,, 1402408249 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Model Pembelajaran Role Playing pada Siswa Kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya kualitas pembelajaran PKn pada kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Guru tidak menggunakan metode yang bervariasi dan tidak menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi. Siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran dan iklim pembelajaran menjadi kurang kondusif dan kurang terarah. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Nilai rata-rata siswa sebesar 61, dan 58% masih dibawah KKM yang ditetapkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04 pada pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui model Role Playing pada siswa kelas IVa SDN Tambakaji 04 Semarang. Penelitian yang ditetapkan yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus penelitian, dengan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04 yang berjumlah 42 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan yang dianalisis dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran dan hasil belajar meningkat yang ditunjukkan oleh data: pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 37,5 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 42,5 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 24, 35 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 26,6 dengan kategori sangat baik. Iklim pembelajaran pada siklus I mendapat skor 26, dengan kategori sangat baik dan meningkat menjadi 29 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,8 meningkat menjadi 84,46 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Role Playing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Disarankan guru dapat menerapkan model Role Playing sebagai salah satu model inovatif dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pembelajaran PKn, Model Role Playing.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 21:42
Last Modified: 17 Sep 2012 21:42

Actions (login required)

View Item