Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang


Galih Nur Asih, , 1402408223 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Latar belakang permasalahan adalah siswa tidak diarahkan untuk merumuskan pertanyaan atau permasalahan sendiri yang dapat memberikan peluang bagi siswa untuk menemukan jawaban dari pertanyaan atau permasalahan itu sendiri. Pembelajaran seperti ini membuat siswa tidak dapat berfikir kritis dan logis dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan yaitu penerapan pendekatan Inkuiri, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gunungpati 03 Semarang, dengan subyek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian meunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I, memperoleh skor 24 dengan kategori cukup, pada siklus II keterampilan guru mendapatkan skor sebanyak 32 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada siklus III keterampilan guru mendapat skor sebanyak 36 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 19.58 dengan kategori cukup, pada siklus II aktivitas mendapatkan skor sebanyak 27.37 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada siklus III mendapatkan skor sebanyak 35.12 dengan kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 58.3% dari jumlah siswa, dan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 70.8% dari jumlah siswa, sedangkan pada siklus III persentase ketuntasan mencapai 83.3% dari jumlah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 03 Semarang. Pendekatan Inkuiri meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga disarankan dapat diterapkan pada pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Inkuiri, Kualitas Pembelajaran, IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:40
Last Modified: 18 Sep 2012 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

View Item View Item