Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Melalui Media Surat Kabar


Ayu Rizkiana, 2101406542 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Melalui Media Surat Kabar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Melalui Media Surat Kabar] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Menggunakan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Melalui Media Surat Kabar) - Published Version
Download (39kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang menjadi tujuan setiap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Melalui menulis, siswa dapat mencurahkan ide-idenya menjadi sebuah tulisan. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dalam penelitian ini, keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan 2 SMK PGRI Taman Kabupaten Pemalang masih rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang berminat terhadap keterampilan menulis dan pendekatan yang digunakan guru kurang tepat. Model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan pada tuntutan kurikulum standar isi. Berdasarkan paparan di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan 2 SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar,dan (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan 2 SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar. tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan 2 SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang setelah menikuti pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar, dan (2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas XII Teknik Komputer dan Jaringan 2 SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang setelah mengikuti pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah dapat melengkapi khasanah pengetahuan tentang kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan dan penerapan strategi pembelajaran menulis menggunakan model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar. selain itu, penelitian ini pun diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII Teknik Komputer dan jaringan 2 SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes menulis surat lamaran pekerjaan. Sementara itu, instrumen nontes berupa observasi, jurnal wawancara, dan dokumentasi foto. Validasi instrumen dilakukan dengan cara mengkonsultasikan dengan dosen pembimbing dan guru bahasa Indonesia di sekolah yang bersangkutan. Analisis data tes dengan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas dalam menulis surat lamaran pekerjaan prasiklus sebesar 56,22. Pada siklus I mengalami peningkatan sebsar 30,77% dengan nilai rata-rata kelas 73,15 dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,05% dengan nilai rata-rata kelas 83,59. Jadi, peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 32,74%. Peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan siswa diikuti dengan perubahan tingkah laku siswa. Perubahan yang ditampakkan adalah perubahan ke arah yang positif. Perubahan semakin cermat dalam menulis surat lamaran pekerjaan dan siswa juga semakin antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian antara lain : (1) guru bahasa Indonesia dalam kegiatan pembelajaran seyogyanya menggunakan model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar sebagai alternatif untuk pembelajaran kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan; (2) siswa hendaknya bersemangat, bertingkah laku positif, dan terus berlatih dalam mengikuti proses belajar, khususnya pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan. Dengan demikian, kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, surat lamaran pekerjaan, model pembelajaran instruksi langsung melalui media surat kabar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:34
Last Modified: 18 Sep 2012 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item