Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Permainan Crossword Puzzle pada Siswa Kelas IIIB SD N Wonosari 02

Ayu Candra Sartika,, 1402408132 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif TGT dengan Permainan Crossword Puzzle pada Siswa Kelas IIIB SD N Wonosari 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan data awal yang didapatkan melalui observasi di kelas IIIB SD N Wonosari 02 ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Siswa kurang aktif dan kurang antusias saat pembelajaran, sebagian besar siswa kurang memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, ditunjukan perolehan hasil belajar siswa dengan rerata 59, nilai ulangan tertinggi yaitu 78 dan nilai ulangan terendah yaitu 23. Hal ini dikarenakan guru kurang memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran, walaupun guru sudah menerapkan metode pembelajaran kelompok tetapi guru hanya berperan sebagai transformator saja, guru belum pernah menerapkan model pembelajaran yang berupa permainan atau turnamen . Permasalahan yang timbul pada proses pembelajaran IPA mengakibatkan tingkat pemahaman siswa terhadap materi pun rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan Crossword Puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru kelas IIIB SD N Wonosari 02 dalam pembelajaran IPA?; 2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan Crossword Puzzle dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IIIB SD N Wonosari 02 dalam pembelajaran IPA?; 3) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan permainan Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIB SD N Wonosari 02 dalam pembelajaran IPA? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Penelitian dilakukan di SD N Wonosari 02, dengan jumlah siswa 38 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan catatan lapangan dianalisis dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 33 dengan kategori cukup baik dan meningkat menjadi skor 41 dengan kategori baik pada siklus II dan mendapat skor 49 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata skor 2,5 dengan kategori baik pada siklus I menjadi rata-rata skor 3 dengan kategori baik pada siklus II, dan rata-rata skor 3,7 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,3 meningkat menjadi 72,1 pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 77,4 pada siklus III. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 63% pada siklus I menjadi 78,9% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 89,5% pada siklus III. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Kooperatif TGT dengan permainan Crossword Puzzle pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas III SDN Wonosari 02. Siswa diharapkan membiasakan diri menambah wawasan dengan membaca referensi sehingga pemahaman siswa terhadap materi IPA yang diajarkan guru menjadi lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Permainan Crossword Puzzle.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 20:32
Last Modified: 17 Sep 2012 20:32

Actions (login required)

View Item