Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Media Visual pada Siswa Kelas III SDN Tambakaji 04


Setiaji Rahmawan, , 1402408108 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Media Visual pada Siswa Kelas III SDN Tambakaji 04. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Media Visual pada Siswa Kelas III SDN Tambakaji 04] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Problem Solving dengan Media Visual pada Siswa Kelas III SDN Tambakaji 04) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Observasi awal pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas III SDN Tambakaji 04 Kota Semarang menunjukkan guru belum mampu mengkondisikan dan memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, kemampuan siswa dalam menyerap materi pembelajaran masih rendah, hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal sebanyak 46,94% (23 dari 49 siswa) yang mencapai KKM. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving dengan media visual. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah melalui model pembelajaran Problem Solving dengan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Tambakaji 04? Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Rancangan penelitian tindakan kelas ini menerapkan model pembelajaran Problem Solving dengan media visual dalam 3 siklus. Setiap siklus empat tahap, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN Tambakaji 04 yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru dalam mengajar pada siklus I memperoleh skor 23, rerata 2,56 kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 28, rerata 3,11 kriteria baik dan siklus III memperoleh skor 33, rerata 3,67 kriteria sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 14,94 rerata 2,49, dengan kriteria cukup. Siklus II mendapatkan skor 17,12 rerata 2,85, dengan kriteria baik. Siklus III mendapatkan skor 19,71 rerata 3,29, dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil belajar siklus I rerata hasil belajar 69,49, persentase ketuntasan siswa 61,22%. Siklus II rerata hasil belajar 75, persentase ketuntasan siswa 73,42%. Siklus III rerata hasil belajar meningkat menjadi 81,74 persentase ketuntasan siswa 81,63%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran problem solving dengan media visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SDN Tambakaji 04. Saran bagi guru agar lebih aktif mengkondisikan pembelajaran dan memotivasi siswa. Bagi siswa agar lebih meningkatkan aktivitas belajarnya. Bagi lembaga khususnya SDN Tambakaji 04, hendaknya para guru menerapkan suatu inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, IPS, Problem Solving, Media Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:29
Last Modified: 18 Sep 2012 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15455

Actions (login required)

View Item View Item