Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Quantum Teaching Dengan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang
Luki Fernandi, 1402408096 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Quantum Teaching Dengan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Quantum Teaching Dengan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang)
- Published Version
Download (15kB) |
Abstract
Mata pelajaran IPS adalah bidang studi yang mempelajari, menelaah, menganalisis gejala dan masalah sosial di masyarakat dengan meninjau dari berbagai aspek kehidupan atau satu perpaduan. Hasil observasi awal yang dilakukan di SDN Tambakaji 04 Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IVA. Pembelajaran IPS yang ada di SDN Tambakaji 04 Semarang, guru belum menggunakan multi metode, pengelolaan kelas belum baik, keaktifan siswa yang kurang, dan hasil belajar siswa yang belum sesuai KKM. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVA tersebut dengan menggunakan model Quantum Teaching Dengan Media Video Pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model Quantum Teaching Dengan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Tambakaji 04 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yaitu: (1) Keterampilan guru siklus I dengan persentase 71,8% dalam kategori baik, siklus II dengan persentase 81, 2% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 90% dalam kategori sangat baik,(2) Aktivitas siswa siklus I dengan persentase 61,5% dalam kategori cukup, siklus II dengan persentase 73,07% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 86,5% dalam kategori sangat baik, (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 61,9% (26 dari 42 siswa mencapai KKM) dalam kategori cukup, siklus II dengan persentase 76, 19% (32 dari 42 siswa mencapai KKM) dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 90, 47% (38 dari 42 siswa mencapai KKM) dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS melalui model Quantum Teaching dengan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran-saran yang dapat disampaikan adalah sebaiknya guru dalam setiap pembelajaran perlu merencanakan model atau strategi dan mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Teaching, Media Video Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran IPS |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 18 Sep 2012 00:27 |
Last Modified: | 18 Sep 2012 00:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15454 |
Actions (login required)
View Item |