Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Pendekatan SAVI dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 05 Semarang


Yunus Azmi, , 1402408079 (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Pendekatan SAVI dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 05 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Pendekatan SAVI dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 05 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Membaca Aksara Jawa melalui Pendekatan SAVI dengan Media Flashcard pada Siswa Kelas IV SDN Ngaliyan 05 Semarang) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa khususnya membaca aksara Jawa di SDN Ngaliyan 05 Semarang mengalami beberapa permasalahan, antara lain keterampilan guru masih belum maksimal, pendekatan yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa, pemanfaatan media yang belum efektif dan efisien, dan pembelajaran yang kurang memaksimalkan aktivitas siswa. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara Jawa pada siswa kelas IV SDN Ngaliyan 05 Semarang, sedangkan secara khusus untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Ngaliyan 05 Semarang sebanyak 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam membaca aksara Jawa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata keterampilan guru pada siklus I sebesar 20,5 dengan kategori baik menjadi 27,5 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Skor rata-rata aktivitas siwa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 23,1 dengan kategori baik menjadi 27,8 dengan kategori baik pada siklus II. Keterampilan siswa dalam membaca aksara Jawa yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tes awal dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% rata-rata 52 menjadi 66,5% dengan rata-rata 67,2 pada siklus I. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85% dengan rata-rata 76,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan SAVI dengan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca aksara Jawa. Manfaat penelitian adalah memberikan sumbangsih untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam pembelajaran bahasa Jawa. Saran bagi guru adalah supaya menggunakan pendekatan SAVI dengan media flashcard untuk mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca, aksara Jawa, pendekatan SAVI, media flashcard
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 00:22
Last Modified: 18 Sep 2012 00:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item View Item