Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas IVB SDN Ngaliyan 01 Semarang.


Eko Sulistyo,, 1402408074 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas IVB SDN Ngaliyan 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share Berbasis Multimedia Pada  Siswa Kelas IVB SDN Ngaliyan 01 Semarang.] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Cooperative Learning tipe Think Pair Share Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas IVB SDN Ngaliyan 01 Semarang.) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan observasi awal di kelas IVB SDN Ngaliyan 01 kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn di. Guru masih mendominasi pembelajaran(teacher center), selama pembelajaran siswa masih pasif dan tergantung pada guru, siswa masih menghafal konsep yang diajarkan guru, sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penerapan cooperative learning tipe think pair share berbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVB SDN Ngaliyan 01 Semarang dalam pembelajaran PKn?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan cooperative learning tipe think pair share berbasis multimedia Penelitian tindakan kelas melalui cooperative learning tipe think pair share berbasis multimedia menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Ngaliyan 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan. Pada siklus I keterampilan guru memperoleh skor 32 dengan kategori baik, kemudian pada siklus II mendapatkan skor 36 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III diperoleh skor 38 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,8 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II meperoleh 27,3 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh 30,7 dengan kategori baik.Pada siklus I ketuntasan klasikal siswa mencapai 64,70%, siklus II ketuntasan klasikal 72,20%, dan untuk siklus III ketuntasan klasikal adalah 86,10%. Kesimpulan penelitian adalah melalui cooperative learning tipe think pair share berbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran guru dapat menerapkan cooperative learning tipe think pair share berbasis multimedia pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran PKn, Cooperative Learning tipe think pair share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 00:19
Last Modified: 18 Sep 2012 00:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item