PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG

Dita Priska Pravita.Sari, , 1402408072 (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS IVC SD NEGERI NGALIYAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran IPA di SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang masih ditemukan permasalahan. Dalam pembelajaran guru belum optimal dalam menerapkan strategi belajar yang efektif untuk mempelajari konsep dengan baik sehingga siswa belum dapat belajar mandiri, kesulitan memahami konsep-konsep dalam pembelajaran yang berdampak siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya rendah. Hal ini didukung dari nilai rata-rata ulangan harian semester 1 siswa kelas IVC mata pelajaran IPA sebesar 55,27 dan masih di bawah KKM yaitu ≥ 62. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui strategi belajar peta konsep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui penerapan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVC SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang?”, yang diperinci “Apakah penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IVCSD Negeri Ngaliyan 01 Semarang?” Penelitian bertujuan untuk meningkatkankualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVC SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang, dengan tujuan khusus meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran IPA kelas IVC SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan tes. Subyek penelitian adalah guru dan siswa Kelas VIC SD Negeri Ngaliyan 01 Semarang. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I skor keterampilan mengajar guru sebesar 29 kategori cukup, siklus II meningkat dengan skor 37 kategori baik dan siklus III meningkat sebesar 43 kategori sangat baik. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 14,375 kategori cukup, pada siklus II sebesar 17,313 kategori baik, meningkat menjadi 20,813 dengan kategori sangat baik pada siklus III. Presentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 77,5% pada siklus II kemudian 87,5% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran IPA meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Disarankan guru mengajarkan strategi belajar peta konsep agar siswa dapat belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Strategi Belajar Peta Ko
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 20:17
Last Modified: 17 Sep 2012 20:17

Actions (login required)

View Item