Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Kooperatif Make A Match dengan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tugurejo 03 Kota Semarang.

Eni Rianawati,, 1402408063 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS melalui Model Kooperatif Make A Match dengan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tugurejo 03 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal konsep-konsep berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya, memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, memiliki kesadaran terhadap nilai sosial. Agar tujuan tersebut tercapai guru perlu menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa untuk berpatisipasi aktif. Hasil observasi yang dilakukan peneliti ketika PPL di SDN Tugurejo 03 menunjukkan pembelajaran IPS di kelas IV belum optimal disebabkan guru kurang variatif dalam menerapkan model pembelajaran, minimnya pemanfaatan media, siswa masih kesulitan memahami materi sehingga hasil belajar belum optimal. Studi dokumentasi terhadap hasil belajar IPS menunjukkan nilai rata-rata kelas 55,7. Dari jumlah siswa sebanyak 40, yang telah mencapai KKM (≥ 65) sebanyak 15 siswa (37,5%) dan 25 siswa (62,5%) mendapatkan nilai dibawah 65. Upaya mengatasi masalah tersebut yaitu melakukan PTK dengan menerapkan model kooperatif make a match dengan media kartu kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model kooperatif make a match dengan media kartu kata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IV SDN Tugurejo 03? Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV SDN Tugurejo 03 melalui model kooperatif make a match dengan media kartu kata. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Tugurejo 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 24 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 30 dengan kategori baik (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 2,2 kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 2,6 kategori baik (3) Persentase ketuntasan klasikal siklus I 62,5% meningkat ke siklus II menjadi 87,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model kooperatif make a match dengan media kartu kata, kualitas pembelajaran IPS dapat meningkat meliputi peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah dalam mengajar guru menerapkan model kooperatif make a match dengan media kartu kata sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif make a match, Media kartu kata
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 20:15
Last Modified: 17 Sep 2012 20:15

Actions (login required)

View Item