Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Modeling The Way pada Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang

Ida Nur Cahyawati,, 1402408043 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Modeling The Way pada Siswa Kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal di kelas V ditemukan permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn yang belum menuntut partisipasi aktif siswa melalui praktik belajar kewarganegaraan, sehingga aktivitas siswa dan hasil belajar siswa belum optimal. Pemecahan masalahnya dengan menerapkan model pembelajaran Modeling The Way. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan Modeling The Way?. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Tugurejo 01 Semarang. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari tiga siklus masing-masing siklus satu pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 30 siswa kelas V SDN Tugurejo 01 Tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I keterampilan guru mendapat skor 27 (cukup), siklus II mendapat skor 36 (baik), dan siklus III mendapat skor 41 (sangat baik). Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat skor 26 (cukup), siklus II mendapat skor 34 (baik), dan siklus III mendapat skor 37 (sangat baik). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilainya adalah 64,5 dengan persentase ketuntasan 63%; rata-rata nilai pada siklus II adalah 74,1 dengan persentase ketuntasan 80%; dan rata-rata nilai pada siklus III adalah 80,0 dengan persentase ketuntasan 90%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada kelas V SDN Tugurejo 01 kota Semarang. Sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran PKn disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Modeling The Way sebagai alternatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran PKn yang efektif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Modeling The Way.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 20:13
Last Modified: 17 Sep 2012 20:13

Actions (login required)

View Item