Evaluasi Terhadap Pembelajaran Kelas Keterampilan Komputer Siswa Tunarungu dan Tunagrahita di SLB Negeri Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Nuri. Islamawati, , 1102408038 (2011) Evaluasi Terhadap Pembelajaran Kelas Keterampilan Komputer Siswa Tunarungu dan Tunagrahita di SLB Negeri Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Evaluasi Terhadap Pembelajaran Kelas Keterampilan Komputer Siswa Tunarungu dan Tunagrahita di SLB Negeri Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Evaluasi Terhadap Pembelajaran Kelas Keterampilan Komputer Siswa Tunarungu dan Tunagrahita di SLB Negeri Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Kelas keterampilan komputer merupakan salah satu program pembelajaran yang dibuat oleh Sekolah Luar Biasa. kelas ini bertujuan untuk menciptakan siswa-siswa yang berkompeten dalam hal teknologi. Hal ini tentunya memberikan tantangan tersendiri dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan karena semua komponen yang terlibat dalam pembelajaran seperti guru, siswa, sarana dan prasarana yang belum tercukupi di kelas keterampilan komputer. dengan adanya kelas keterampilan komputer diharapkan tujuan yang ingin dicapai sekolah khususnya Sekolah luar Biasa dapat membekali siswa dengan sejumlah kemampuan dasar mengoperasikan komputer terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kelas keterampilan komputer dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran maka perlu diadakan penelitian. Responden meliputi guru pengampu kelas keterampilan komputer, dan siswa kelas VIII kelas keterampilan komputer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data penelitian nantinya akan diuji dengan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui berhasil tidaknya pembelajaran kelas keterampilan komputer pada siswa tunarungu dan tunagrahita di SLB Negeri Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas keterampilan komputer adalah cukup baik. Dapat dilihat dari aspek perencanaan yaitu adalah perencanaan pembelajaran komputer dalam wujud silabus, serta dukungan adanya sarana dan prasarana seperti komputer sudah direncanakan secara baik. Untuk pelaksanaan pembelajaran juga terlaksana dengan baik, dapat di lihat dari kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa baik secara teori maupun praktik saling mendukung. Metode yang dilakukan yaitu ceramah dan praktik. Kesulitan dalam pemahaman materi dipecahkan oleh guru pengampu kelas keterampilan komputer. Hambatan-hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran kelas keterampilan komputer yaitu terbatasnya sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara praktik, hanya ada komputer saja, belum ada media pendukung lainnya. selain itu hambatan berasal dari siswa yang apabila sedang mengalami “eror” maka akan sulit untuk mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian tersebut, penulis memberikan saran agar sarana dan prasarana ditambah, begitu juga guru pengampu kelas keterampilan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, Kelas Keterampilan Komputer
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 07:16
Last Modified: 17 Sep 2012 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15445

Actions (login required)

View Item View Item