Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Microblogging Tumblr Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Perancis Kelas X dI SMA Negeri 2 Pati.


Deni Elviana, , 1102408036 (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Microblogging Tumblr Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Perancis Kelas X dI SMA Negeri 2 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis  Microblogging Tumblr Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Perancis Kelas X dI SMA Negeri 2 Pati. ] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Berbasis Microblogging Tumblr Terhadap Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Perancis Kelas X dI SMA Negeri 2 Pati. ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat penerapan pembelajaran aktif berbasis Microblogging tumblr pada pembelajaran bahasa Perancis kelas X di SMA. Penelitian ini berawal dari permasalahan belum maksimalnya hasil belajar bahasa Perancis di SMA Negeri 2 Pati. Hal ini terlihat dari rendahnya minat belajar bahasa Perancis yang secara tidak langsung berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Belum maksimalnya pembelajaran bahasa Perancis di SMA Negeri 2 Pati terlihat dari nilai hasil ujian tengah semester siswa kelas X semester 2, dimana dari 10 kelas yang ada hanya 4 kelas yang masuk kategori baik dan 6 kelas yang lain masuk dalam kategori cukup. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui adakah perbedaan minat belajar bahasa Perancis antara kelas yang menerapkan pembelajaran aktif berbasis microblogging tumblr dan kelas yang menerapkan pembelajaran aktif tanpa berbasis microblogging tumblr. (2) mengetahui adakah perbedaan prestasi belajar bahasa Perancis antara kelas yang menerapkan pembelajaran aktif berbasis microblogging tumblr dan kelas yang menerapkan pembelajaran aktif tanpa berbasis mi microblogging tumblr, di SMA Negeri 2 Pati. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola random control group pretest-postest. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan pembelajaran aktif berbasis microblogging tumblr pada kelas eksperimen dan penerapan pembelajaran aktif tanpa berbasis microblogging tumblr pada kelas kontrol, pada pembelajaran bahasa Perancis kelas X semester 2. Kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan minat belajar dan prestasi belajar yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelompok kontrol 90,625% memiliki minat belajar sedang dan 9,375% memiliki minat belajar tinggi. Sedangkan pada kelompok eksperimen 100% siswa memiliki minat belajar tinggi. Sedangkan menurut uji t pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji Paired Samples T-Test diperoleh thitung = 3,768 dimana thitung = 3,768 > ttabel sebesar 2,042 dan sig. 0,001 dimana 0,001 < α = 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perlu adanya penerapan strategi pembelajaran aktif berbasis microblogging tumblr pada pembelajaran bahasa Perancis di sekolah karena strategi ini terbukti dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Perancis siswa di SMA Negeri 2 Pati. Untuk dapat menerapkan strategi tersebut maka guru dituntut dapat menguasai dan dapat memanfaatkan microblogging tumblr sebagai media pendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Microblogging Tumblr, Pembelajaran Aktif, minat belajar, prestasi belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 07:11
Last Modified: 17 Sep 2012 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15444

Actions (login required)

View Item View Item