Analisis Lembar Kegiatan Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunnikasi (TIK) Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Welahan Tahun Pelajaran 2011/2012.

Farida Nitalia,., 1102408009 (2012) Analisis Lembar Kegiatan Siswa Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunnikasi (TIK) Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 1 Welahan Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Frekuensi penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dalam pembelajaran TIK di sekolah makin tinggi. Fungsi LKS yang hanya sebagai pemandu siswa dalam melakukan suatu kegiatan/ sebagai pendukung justru sekarang bergeser menjadi referensi utama bagi guru maupun siswa. Oleh karena itu LKS yang digunakan harus berkualita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian isi LKS dengan kurikulum, tingkat pengaktifan siswa pada isi LKS dan persentase jenjang soal-soal latihan berdasarkan muatan kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian terhadap LKS TIK Kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Welahan tahun pelajaran 2011/2012 dilaksanakan pada tanggal 28 – 31 Mei 2012 melalui beberapa langkah, meliputi studi pendahuluan, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. LKS yang dianalisis dalam penelitian ini adalah LKS Teknologi Informasi dan Komunikasi yang hampir digunakan oleh seluruh SMP/MTS dikota Jepara, terbitan CV. Pustaka Indah yang disusun oleh tim MGMP TIK kabupaten Jepara. Lembar kerja Siswa Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII semester 2 masuk kategori tinggi untuk tingkat kesesuaiannya dengan kurikulum 2006 karena persentase tingkat kesesuaian dengan kurikulum 2006 adalah 95% yg terletak diantara 66,67 % s.d. 100%. Indeks pengaktifan siswa pada kriteria pengaktifan petunjuk kegiatan masuk dalam kategori sedang karena indeks pengaktifan petunjuk kegiatan sebesar 0,41 berada antara 0,4 s.d 1,5 dan indeks pengaktifan penilaian pada gambar sebesar 1,2 masuk dalam kategori sedang berada antara 0,4 s.d 1,5. Sedangkan kriteria pengaktifan pada soal latihannya masih dalam tataran rendah karena indeks pengaktifan siswa hanya sebesar 0,17 yang berada antara 0,00 – 0,40. Jenjang soal-soal latihan berdasarkan muatan kognitif, afektif maupun psikomotorik yang ada tidak proporsional, karena tidak sesuai dengan takaran persentase yang telah ditentukan. Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, saran yang dapat diberikan adalah adanya perbaikan pada isi LKS, terutama yang menyangkut aspek pengaktifan siswa, yaitu pada kriteria penilaian petunjuk kegiatan, penilaian gambar dan kriteria soal-soal latihan dengan memperbanyak soal-soal latihan berdasarkan muatan kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, lembar kegiatan siswa, jenjang soal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 02:45
Last Modified: 17 Sep 2012 02:45

Actions (login required)

View Item