Pengembangan Modul Digital sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran

Dewi Nurfiyanti,, 1102408005 (2012) Pengembangan Modul Digital sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII SMP Negeri 3 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran TIK di SMP Negeri 3 Ungaran, masih bersifat konvensional yaitu guru hanya berceramah dan mencatat materi dipapan tulis, kemudian siswa mendengarkan dan mencatat yang ada dipapan tulis. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, peneliti ingin memanfaatkan modul digital TIK sebagai bahan belajar mandiri siswa agar tidak terpaku dengan guru. Dalam mengembangkan modul digital aplikasi pengolah angka mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII semester 2, peneliti menggunakan prosedur research and development yang terdiri dari beberapa langkah yaitu (1) studi pendahuluan yang meliputi studi literatur, studi lapangan dan penyusunan draf awal produk. (2) studi pengembangan, ada 3 hal yang harus dilakukan, yaitu : a) uji coba terbatas; dalam tahap ini, peneliti menggunakan kuesioner/angket untuk mengetahui efektifitas modul digital. Responden yang digunakan berjumlah 10 siswa kelas VIIID. b) uji coba lebih luas; dalam tahap ini, peneliti menggunakan kuesioner/angket untuk mengetahui efektifitas modul digital. Responden yang digunakan berjumlah 20 siswa kelas VIIID. c) uji coba produk atau sosialisasi hasil; dalam tahap ini peneliti menggunakan metode eksperimental dengan pola random kontrol group pretest-postest design yaitu membandingkan data yang diperlukan dengan membagi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Responden dalam kelompok kontrol sebanyak 30 siswa kelas VIIIB, untuk kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa kelas VIIIA. (3) tahap pengujian,meliputi: a) memberikan soal pretest untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, b) memberikan perlakuan (threathment) kepada kelompok eksperimen dengan modul digital TIK, c) memberikan soal posttest untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Keefektifan modul digital ini, ditunjukkan dari nilai rata-rata postest kelompok eksperimen yaitu 8,42 yang lebih besar dari pada kelompok kontrol yaitu 7,65. Dari hasil penelitian uji tahap awal sampai tahap akhir dapat disimpulkan bahwa dalam pengujian diketahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran yang menggunakan pengembangan modul digital dengan yang tidak menggunakan modul digital, hal ini dapat dilihat dari uji t-test yang menunjukkan thitung>ttabel→5,65>2,045, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga proses pembelajaran yang menggunakan modul digital dapat dinyatakan lebih efektif/tinggi pada tingkat penguasaan materi pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan modul digital, sumber belajar, TIK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 02:41
Last Modified: 17 Sep 2012 02:41

Actions (login required)

View Item