Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fip Unnes Angkatan 2008 Sebagai Calon Tenaga Pendidik Profesional

Agusta Chandra., 1102407004 (2012) Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fip Unnes Angkatan 2008 Sebagai Calon Tenaga Pendidik Profesional. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Guru adalah unsur manusiawi dalam pendidikan. Mahasiswa prodi kurikulum dan teknologi pendidikan FIP UNNES, merupakan calon guru , guru professional adalah guru yang mampu menguasai empat kompetensi utama seorang guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Permasalahan dalam Penelitian ini adalah: menilai tingkat kesiapan mahasiswa prodi kurikulum dan teknologi pendidikan FIP UNNES dalam pemahamannya tentang empat kompetensi utama yang harus dikuasai seorang guru.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat kesiapan mahasiswa Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan angkatan 2008 dalam memahami kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Angkatan 2008.Sedangkan sampel dalam penelitian ini merupakan jumlah keseluruhan dari populasi.Variabel dalam penelitian ini berjumlah empat, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa secara umum mahasiswa prodi kurikulum dan teknologi pendidikan dalam pemahaman terhadap kompetensi pedagogik kurang baik (59%). Pada kompetensi kepribadian termasuk dalam kriteria baik (64%), kompetensi sosial kurang baik (59%), dan pada kompetensi professional termasuk dalam kriteria baik (69%). sehingga saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa prodi kurikulum dan teknologi pendidikan dapat melakukan perbaikan pada indikator pemahaman yang masih dianggap belum begitu dikuasai, indikator tersebut meliputi pemahaman karakteristik siswa, pemahaman tujuan pembelajaran, pemahaman pengembangan peserta didik dan potensinya, pola komunikasi dengan siswa, pemahaman tindakan reflektif dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan pemahaman sikap seorang guru dalam lingkungan masyarakat. Dari hasil penelitian, masih ditemukan kekurangan dari kesiapan pemahaman baik itu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Usaha atau upaya yang dapat dilakukan antara lain :Sebagai calon guru, mahasiswa Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan haruslah menguasai sepenuhnya kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Untuk itu diperlukan peningkatan pengetahuan dari kompetensi-kompetensi ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Mahasiswa, Tenaga Pendidik Profesional.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 00:03
Last Modified: 17 Sep 2012 00:03

Actions (login required)

View Item