Manajemen Perpustakaan Universitas Negeri Semarang Tahun 20011


Anggraeni Sri Lukitasari, 1102406056 (2012) Manajemen Perpustakaan Universitas Negeri Semarang Tahun 20011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Manajemen Perpustakaan Universitas Negeri Semarang Tahun 20011] Microsoft Word (Manajemen Perpustakaan Universitas Negeri Semarang Tahun 20011) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Skripsi ini ditulis dengan alasan bahwa proses belajar di Perguruan Tinggi sangat erat kaitannya dengan perpustakaan, karena perpustakaan merupakan sarana pendukung yang sekaligus perangkat kelengkapan Universitas atau institut untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Manajemen perpustakaan adalah salah satu kajian tentang apa dan bagaimana cara-cara yang dapat dilakukan, baik melalui teori maupun praktik agar perpustakaan dapat dikelola dengan berdaya guna dan berhasil guna, sehingga keberadaannya ditengah-tengah masyarakat maupun menyeleksi, menghimpun, mengolah, memelihara sumber informasi dan memberdayakan dengan memberikan layanan, serta nilai tambah bagi mereka yang membutuhkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan, fungsi dari perpustakaan, dan manajemen perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Populasi yang dijadikan obyek penelitian yaitu seluruh mahasiswa UNNES yang berjumlah 26459 orang. Dalam pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Slovin, maka akan didapatkan sempel yakni sebanyak 100 mahasiswa dan dalam pengambilan sampel tarsebut menggunakan Propotional Random Sampling yang menjadi anggota sempel untuk masing-masing fakultas dilakukan secara acak berstrata proposional. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, analisis regresi linier sederhana, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan program SPSS release 12.0. Hasil uji F diperoleh F hitung = 2,311 dan nilai p value = 0,123, dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi variable sistem informasi perpustakaan tidak berpengaruh terhadap kualitas layanan perpustakaan Universitas Negeri Semarang diterima, karena nilai signifikansi > 0,05. Kesimpulan dari penelitian bahwa sistem informasi perpustakaan tidak berpengaruh terhadap kualitas layanan perpustakaan, dan Perpustakaan Universitas Negeri Semarang termasuk dalam kategori baik, baik dalam sistem informasi perpustakaan, maupun dalam kualitas layanan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Sep 2012 04:00
Last Modified: 17 Sep 2012 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15436

Actions (login required)

View Item View Item