Keefektifitasan Penyuluhan melalui Media Film terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 1 Sidakangen tentang Pencegahan Penyakit DBD di Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2011/2012,

Agung Retno Palupi, 6450405006 (2012) Keefektifitasan Penyuluhan melalui Media Film terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SDN 1 Sidakangen tentang Pencegahan Penyakit DBD di Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2011/2012,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pemanfaatan media film untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas cukup efektif. Virus dengue merupakan jenis virusyang sangat ganas, sehingga perlu diadakan penyuluhan ke masyarakat tentang penyakit demam berdarah dengue tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah berdasarkan latar belakang masalah, maka penelitian ini mengkaji tentang demam berdarah dengue di SD Negeri 1 Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media film dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang Demam Berdarah Dengue di SD Negeri 1 Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Design), dengan jumlah sampel sebesar 44 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontrol-Group Pretest-Posttest-Design. Kelompok control dan kelompok eksperimen dilakukan pretest dan posttest. Metode pengambilan data metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Data di olah dengan menggunakan uji t-test. Dari hasil penelitian ini di dapat bahwa media film efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang Demam Berdarah Dengue di SD Negeri 1 Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012, dengan p value sebesar 0,000. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media film efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa tentang Demam Berdarah Dengue di SD Negeri 1 Sidakangen Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012, dengan nilai p value 0,000 (p value < 0,05). Saran dalam penelitian ini adalah perlunya kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Puskesmas setempat untuk mengadakan penyuluhan kepada siswa Sd tentang penyakit Demam Berdarah Dengue. Perlu di lakukan penelitian lanjutan untuk factor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Demam Berdarah Dengue pada penderita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Media Film dan Demam Berdarah Dengue
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Sep 2012 21:00
Last Modified: 13 Sep 2012 21:00

Actions (login required)

View Item