Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Cabri 3D Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Spasial Materi Dimensi Tiga


Aditya Pranawestu, 4101408192 (2012) Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Cabri 3D Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Spasial Materi Dimensi Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Cabri 3D Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Spasial Materi Dimensi Tiga] Microsoft Word (Keefektifan Problem-Based Learning Berbantuan Cabri 3D Berbasis Karakter terhadap Kemampuan Spasial Materi Dimensi Tiga) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Kemampuan spasial merupakan bagian dari ilmu geometri. Siswa SMA kelas X mempelajari kemampuan spasial pada materi dimensi tiga. Materi dimensi tiga menuntut siswa memiliki kemampuan spasial untuk memahaminya. Kemampuan spasial adalah salah satu tingkatan tertinggi dalam hidup manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, (2) kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga lebih baik daripada kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran ekspositori, (3) terdapat pengaruh positif antara aktivitas siswa terhadap kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap tahun pelajaran 2011/2012 SMA Negeri 1 Banjarnegara yang terdiri dari 9 kelas. Penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas X-2 sebagai kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter dan kelas X-3 sebagai kelompok kontrol diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga lebih baik daripada kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran ekspositori, terdapat pengaruh positif antara aktivitas siswa terhadap kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter materi dimensi tiga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem-based learning berbantuan Cabri 3D berbasis karakter terhadap kemampuan spasial materi dimensi tiga dikatakan efektif. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, guru diharapkan dapat menggunakan problem-based learning dalam pembelajaran matematika di kelas serta menggunakan Dynamic Geometry Software Cabri 3D sebagai media pembelajaran pada materi dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial, Pendidikan Karakter, Problem-Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Sep 2012 00:48
Last Modified: 14 Sep 2012 00:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item