Perlindungan Konsumen Terhadap Penawaran Produk Barang Dan/Atau Jasa Telekomunikasi Melalui Sarana Telemarketing.

Edwin Rudolfo Ignatius Lumbangaol,, 8150408178 (2012) Perlindungan Konsumen Terhadap Penawaran Produk Barang Dan/Atau Jasa Telekomunikasi Melalui Sarana Telemarketing. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana aspek hukum telemarketing, (2). bentuk pertanggungjawaban produk oleh penyelengara telekomunikasi terhadap penawaran produk telekomunikasi melalui sarana telemarketing. (3). bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen terkait penawaran produk telekomunikasi melalui sarana telemarketing Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, penelitian kepustakaan. Teknik pengolahan keabsahan data menggunakan Trianggulasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan adalah (1). Tidak adanya regulasi penawaran melalui telemarketing, sehingga harus memenuhi pasal 1320KUHPer untuk mendapatkan kata sepakat dan ditindak lanjutin dengan perjanjian tertulis (2) bentuk pertanggungjawaban PT.Telkom, Tbk terkait penawaran secara telemarketing yaitu dengan menganti sejumlah uang konsumen yang dirugikan akibat penawaran produk barang dan/atau jasa melalui telemarketing yang berdasarkan prinsip strict liability dan pasal 1365 KUHPer tentang Perbuatan Melawan Hukum.(3). Perlindungan hukum akan pemenuhan hak-hak dan kewajiban pelaku usaha dan beserta konsumen Simpulan dari hasil penelitian dan pembahasan tersebut adalah Tidak adanya regulasi pemasaran melalui telemarketing sehingga harus memenuhi pasal 1320 untuk mencapai kata sepakat dan mengunakan perjanjian tertulis (2) bentuk pertanggungjawaban PT.Telkom, Tbk terkait penawaran produk barang dan/atau jasa secara telemarketing yaitu dengan menganti sejumlah uang konsumen yang dirugikan akibat penawaran produk barang dan/atau jasa melalui telemarketing berdasarkan prinsip strict liability dan pasal 1365 KUHPer.(3). Perlindungan hukum untuk pemenuhan hak-hak dan kewajiban pelaku usaha dan beserta konsumen, Saran dari hasil penelitian dan pembahasan serta simpulan adalah (1).PT.Telkom Tbk memberikan informasi yang jelas apabila mengunakan sarana telemarketing dalam memasarkan produk barang dan/atau jasa serta membuat perjanjian tertulis sebagai bentuk kesepakatan yang mempunyai kekuatan hukum. (2) Pemerintah harus membuat regulasi terkait telemarketing ini. (3) Sosialisasi terhadap hak dan kewajiban dari pelaku usaha dan konsumen serta sosialisasi adanya suatu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) sebagai sarana alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Telemarketing, Pasal 4 huruf c Undang Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen berbunyi “ Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa”, sehingga salah satu hak konsumen yaitu hak atas informasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2012 04:48
Last Modified: 13 Sep 2012 04:48

Actions (login required)

View Item