Analisis Tingkat Efisiensi Ekonomi Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2007-2009


Kalis Rubedo,, 7450407011 (2011) Analisis Tingkat Efisiensi Ekonomi Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2007-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Tingkat Efisiensi Ekonomi Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2007-2009] Microsoft Word (Analisis Tingkat Efisiensi Ekonomi Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2007-2009) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Perbankan memiliki peran yang strategis dalam mendukung kegiatan investasi dan menciptakan lalu lintas pembayaran yang adaptable dengan kebutuhan ekonomi. Dukungan pemerintah dengan menurunkan beban bunga perbankan, diharapkan mampu menurunkan suku bunga kredit yang dibebankan oleh bank kepada nasabah. Namun demikian, dalam kenyataannya tingkat suku bunga kredit perbankan dalam negeri masih tergolong tinggi bila dibandingkan dengan negara lain. Akibatnya, produsen dalam negeri sulit untuk bersaing dari segi harga ketika menghadapi barang impor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis capaian efisiensi tekhnis, harga dan ekonomis pada bank umum di Indoensia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan bank umum dari tahun 2007-2009. Alat analisis yang digunakan adalah analisis DEA dengan bantuan software DEAWIN dan DEA-SOLVER. Variabel input yang digunakan meliputi simpanan, aktiva tetap dan biaya personalia sedangkan variabel output yang digunakan adalah jumlah kredit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada beberapa bank umum masih memiliki capaian efisiensi tekhnis, harga dan ekonomis dibawah 100%. Hal ini menandakan kinerja perbankan di Indonesia masih belum maksimal dengan adanya pemborosan penggunaan biaya pada beberapa variabel input yang digunakan oleh bank dalam kegiatan ekonominya. Berkaitan dengan penelitian ini disarankan kepada pihak perbankan untuk lebih efisien dalam menggunakan dana yang dimilikinya, agar biaya dana yang dibebankan kepada nasabah berkurang hingga pada akhirnya akan menurunkan suku bunga kredit dan meningkatkan investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Ekonomi, Bank Umum, Indonesia, DEA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2012 02:13
Last Modified: 13 Sep 2012 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15379

Actions (login required)

View Item View Item