Prosedur Pengelolaan Surat Dinas Pada Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jawa Tengah


Putri Atika Amalya,Sari, 7312309002 (2012) Prosedur Pengelolaan Surat Dinas Pada Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Prosedur Pengelolaan Surat Dinas Pada Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jawa Tengah] Microsoft Word (Prosedur Pengelolaan Surat Dinas Pada Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Provinsi Jawa Tengah) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Prosedur pengelolaan adalah serangkaian langkah-langkah secara berurutan untuk melaksanakan suatu pekerjaan, membantu merumuskan kebijaksanaan dan memberikan pengawasan dalam pelaksanaan dan pencapaian tujuan suatu organisasi. Surat dinas adalah alat komunikasi tertulis yang dibuat oleh seseorang dalam suatu instansi dimana surat tersebut berisi tentang informasi dan kegiatan kedinasan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana prosedur pengelolaan surat dinas pada Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah?,(2) Sarana apa saja yang digunakan dalam pengelolaan surat dinas pada Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah?, (3) Kendala apa saja yang dihadapi oleh pegawai dalam mengelola surat dinas pada Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah?. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini, diantaranya: (1) Untuk mengetahui prosedur pengelolaan surat dinas pada Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah, (2) Untuk mengetahui sarana apa saja yang digunakan Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam mengelola surat dinas, (3) Untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh pegawai Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya pengelolaan surat dinas. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang berupa hasil penelitian tentang prosedur pengelolaan surat dinas pada Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah menggunakan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu prosedur pengelolaan surat dinas masuk menggunakan asas sentralisasi, sedangkan surat dinas keluar menggunakan asas desentralisasi. Sistem yang digunakan dalam mengelola surat yaitu kartu kendali dan buku agenda. Kendala yang dihadapi yaitu surat datang terlambat, fax yang tidak sampai, surat atau undangan yang dikirim tidak sampai, dan surat dinas masuk yang salah kirim. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prosedur pengelolaan surat dinas pada Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah sudah berjalan dengan baik walaupun masih mengalami kendala-kendala. Saran bagi Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah adalah sebaiknya buku agenda surat dinas keluar disediakan di tiap Bagian dan Bidang sehingga bukti pengeluaran surat dinas dapat diketahui dengan mudah, dan petugas pencatat surat dinas masuk dan surat dinas keluar sebaiknya jangan berjumlah satu orang saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pengelolaan, Surat Dinas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2012 01:50
Last Modified: 13 Sep 2012 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item