Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Sebelum dan Sesudah Dikeluarkan Perbankan Syariah (UU No. 21 Tahun 2008)

Devina Asti Anjeline,, 7250408078 (2012) Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Sebelum dan Sesudah Dikeluarkan Perbankan Syariah (UU No. 21 Tahun 2008). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan perbankan syariah mengakibatkan semakin tinggi persaingan antar perbankan syariah. Hal ini menuntut masing-masing perbankan syariah untuk meningkatkan kinerjanya sekaligus membuat strategi yang tepat serta memanfaatkan peluang yang ada. Regulasi perbankan syariah ditandai dengan disetujuinya UU No. 21 Tahun 2008. Kehadiran UU ini selain sebagai landasan hukum, juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan CAR, KAP, NPM, ROA, LDR, dan MR sebelum dan sesudah dikeluarkan UU No. 21 Tahun 2008. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3 bank umum syariah.Sampel diambil dengan metode purposive sampling, dandata yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan Paired Sample T-Test, dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pada variabel NPM, ROA, dan LDR sebelum dan sesudah dikeluarkan UU No. 21 Tahun 2008. Perbedaan ini dikarenakan adanya penurunan rasio pada NPM, ROA dan LDR. Variabel CAR tidak mengalami perbedaan namun mengalami penurunan. Variabel KAP dan MR tidak mengalami perbedaan dan mengalami peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan variabelNPM, ROA dan LDR sebelum dan sesudah dikeluarkan UU No. 21 tahun 2008, sedangkan tidak terdapat perbedaan variabel CAR, KAP dan MR sebelum dan sesudah dikeluarkan UU No. 21 Tahun 2008.Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan dan memperpanjang jangka waktu penelitian. selain itu, bagi perbankan syariah disarankan untuk memperbaiki kinerja keuangannya terutama aspek sensitivitas atas risiko pasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan. Bank Syariah. UU No. 21 Tahun 2008
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 21:45
Last Modified: 12 Sep 2012 21:45

Actions (login required)

View Item