Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Tingkat Margin Terhadap Pembiyaan Murabahah pada Perbankan Syariah di Indonesia”.

Afun Meta Mutyarsusasi, 7250408043 (2012) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Tingkat Margin Terhadap Pembiyaan Murabahah pada Perbankan Syariah di Indonesia”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perbankan syariah kini mulai berkembang di Indonesia, secara garis besar fungsi perbankan syariah yakni sebagai lembaga intermediasi yang mengerahkan dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana-dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkannya dalam bentuk fasilitas pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan tingkat margin terhadap penyaluran pembiayaan murabahah pada perbankan syariah di Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Perbankan Syariah di Indonesia periode 2008-2010 yang memenuhi kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan dan di unduh melalui situs resmi perbankan syariah terkait yang menjadi sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan pengujian secara simultan diperoleh hasil ke empat variabel mempunyai nilai sig. 0,000.Pengujian secara parsial, variabel DPK mempunyai nilai t 15,449 dengan nilai sig. 0,000. CAR mempunyai nilai t -0,286 dengan sig. 0,777. Nilai t NPF sebesar -3,411 dengan sig. 0,002 dan tingkat margin mempunyai nilai t -1,621 dengan nilai sig. 0,115. Kesimpulan penelitian ini bahwa secara simultan variabel DPK, CAR, NPF dan tingkat margin berpengaruh signifikan terhadap penyaluran pembiayaan murabahah. Pengujian secara parsial, DPK mempengaruhi penyaluran pembiayaan murabahah secara positif, NPF mempengaruhi penyaluran pembiayaan murabahah secaranegatif, sedangkan CAR dan tingkat margin tidak mempengaruhi penyaluran pembiayaan murabahah. Saran bagi penelitian berikutnya agar menganalisis faktor yang mempengaruhi penyaluran pembiayaan Murabahah yang tidak saja dari sisi internal perbankan syariah namun juga dari sisi di luar perbankan seperti faktor makroekonomi sehingga analisis yang dihasilkan dapat lebih menyeluruh dan seimbang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Tingkat Margin, Pembiayaan Murabahah.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 21:22
Last Modified: 12 Sep 2012 21:22

Actions (login required)

View Item