Pengaruh CAR, KAP, NPM, ROA, FDR, MR Terhadap Perubahan Laba Pada Bank Umum Syariah di Indonesia

Alifah Karamina,, 7250408001 (2012) Pengaruh CAR, KAP, NPM, ROA, FDR, MR Terhadap Perubahan Laba Pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perubahan laba merupakan perbedaan antara pendapatan dalam suatu periode dan biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan perubahan laba. Perubahan laba akan berpengaruh terhadap keputusan investasi para investor dan calon investor yang akan menanamkan modalnya kedalam perusahaan, dimana laba merupakan indikator untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan, apakah mengalami kenaikan atau penurunan yaitu melalui perbandingan secara horizontal. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh bukti apakah rasio CAR, KAP, NPM, ROA, FDR dan MR berpengaruh terhadap perubahan laba pada Perbankan Syariah di Indonesia. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 19 sebagai alat untuk menguji data tersebut. Analisis penelitian dengan menggunakan analisi regresi berganda. Variabel independen yaitu CAR, KAP, NPM, ROA, FDR dan MR berpengaruh secara bersama-sama terhadap perubahan laba dengan tingkat signifikansi 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hasil secara parsial CAR berpengaruh terhadap perubahan laba. KAP berpengaruh terhadap perubahan laba. NPM tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. ROA tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. FDR tidak berpengaruh terhadap perubahan laba dan MR berpengaruh terhadap perubahan laba. Hasil penelitian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan variabel CAR, KAP, NPM, ROA, FDR dan MR berpengaruh terhadap perubahan laba. Secara parsial variabel CAR, KAP dan MR berpengaruh secara parsial terhadap perubahan laba, sedangkan variabel NPM, ROA dan FDR tidak berpengaruh secara parsial terhadap perubahan laba. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain diluar laporan keuangan, seperti inflasi, size effect yang belum dipertimbangkan di penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Kualitas Aktiva Produktif (KAP), Net Profit Margin (NPM), Return on Asset (ROA), Financing to Deposit Ratio (FDR), Market Risk (MR), Perubahan Laba
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 21:09
Last Modified: 12 Sep 2012 21:09

Actions (login required)

View Item