Profil Pendidikan Anak Dalam Keluarga Nelayan (Studi Di Desa Randusanga Kecamatan Brebes)


Teguh Imam Santoso, 1201408001 (2012) Profil Pendidikan Anak Dalam Keluarga Nelayan (Studi Di Desa Randusanga Kecamatan Brebes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Profil Pendidikan Anak Dalam Keluarga Nelayan (Studi Di Desa Randusanga Kecamatan Brebes)] Microsoft Word (Profil Pendidikan Anak Dalam Keluarga Nelayan (Studi Di Desa Randusanga Kecamatan Brebes)) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah Bahwa pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan manusia, ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan. Keluarga merupakan kesatuan masyarakat terkecil yang merupakan inti dari sendi-sendi masyarakat dan merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi perkembangan pribadi anak. Nelayan adalah suatu kelompok masyarakat yang kehidupannya tergantung langsung pada hasil laut, baik dengan cara melakukan penangkapan ataupun budi daya.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana profil pendidikan anak dalam keluarga nelayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang obyektif tentang profil pendidikan anak dalam keluarga nelayan di desa Randusanga. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah keluarga nelayan di desa Randusanga yang dalam keluarga tersebut mempunyai anak remaja, yang berjumlah enam kepala keluarga. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan cara menelaah seluruh data yang telah terkumpul. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) interaksi pendidikan antara orangtua dengan anak di dalam keluarga (2) perilaku orangtua dalam pemenuhan kebutuhan fisik anak (3) perilaku orangtua dalam memenuhi kebutuhan non fisik anak (4) batasan –batasan yang diberikan orangtua kepada anak (5) pemberian kebebasan kepada anak dalam bergaul. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang diambil sebagai berikut: (1) Pendidikan keluarga merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh keluarga/orangtua. (2) Pendidikan yang terjadi dalam keluarga kepada anak pada keluarga nelayan di Desa Randusanga cenderung menggunakan pola asuh demokratis. Saran yang diberikan sebagai berikut: (1). Diharapkan setiap keluarga mempunyai waktu luang khusus untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga dan dapat saling membicarakan masalah yang ada dalam keluarga. (2). Sebagai orangtua hendaknya memberikan motivasi dan dorongan kepada anaknya. (3). Dalam keluarga agar selalu terjadi komunikasi dua arah antara anak dan orangtua terjadi secara seimbang dan terjalin dengan baik, sehingga akan membentuk pribadi anak remaja yang mempunyai kepribadian yang baik dan stabil, setidaknya orangtua yang memberikan nasihat kepada anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 13 Sep 2012 07:35
Last Modified: 13 Sep 2012 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15345

Actions (login required)

View Item View Item