Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Bermain Jawaban Siswa Kelas III SDN Bringin 02 Kota Semarang

Machmuroch Rifani, 1402408323 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Bermain Jawaban Siswa Kelas III SDN Bringin 02 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilaksanakan di kelas III SDN Bringin 02 Kota Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih berpusat pada guru (teacher centered), guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya variasi pembelajaran menyebabkan partisipasi siswa kurang. Hal ini mengakibatkan materi yang diajarkan kurang dapat diterima dengan baik oleh siswa sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Ruang kelas yang sempit juga menyebabkan sedikitnya ruang gerak bagi siswa. Nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 46,15% dengan KKM 60. Mengacu pada latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penerapan model kooperatif tipe numbered heads together dengan bermain jawaban dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Bringin 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model kooperatif tipe numbered heads together dengan bermain jawaban siswa kelas III SDN Bringin 02 Kota Semarang. Penelitian dilaksanakan 3 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 41 siswa kelas III SDN Bringin 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 26 dalam kategori baik, siklus II meningkat dengan skor 32 dalam kategori sangat baik, dan siklus III dengan skor 34 dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata 21 dalam kategori baik, siklus II dengan skor 22,75 dalam kategori baik, dan siklus III meningkat dengan skor 25,27 dalam kategori baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I mencapai 70,73% dengan kategori baik , siklus II meningkat menjadi 80,49% dengan kategori sangat baik, dan siklus III mencapai 92,7% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan melalui model kooperatif tipe numbered heads together dengan bermain jawaban dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Saran guru hendaknya dapat menggunakan model kooperatif tipe numbered heads together dengan bermain jawaban untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, model Numbered Heads Together, metode bermain jawaban
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 20:31
Last Modified: 12 Sep 2012 20:31

Actions (login required)

View Item