Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Metode SAS dengan Media Papan Selip pada Siswa Kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang

Ifa Nurcahyanti, 1402408083 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan melalui Metode SAS dengan Media Papan Selip pada Siswa Kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran menulis permulaan di kelas I SDN ngaliyan 05 Semarang. Kondisi pembelajaran yang kurang bervariasi dan menegangkan membuat siswa merasa bosan dan takut sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan menulis siswa. Untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka dilakukan penelitian melalui penerapan metode SAS dengan media papan selip. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, apakah melalui penerapan metode SAS dengan media papan selip dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis siswa kelas 1 SDN Ngaliyan 05 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan meningkat-kan keterampilan menulis siswa kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang melalui metode SAS dengan media papan selip. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapang-an, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kete-rampilan guru pada siklus I memperoleh skor 33,5 dengan kategori baik dan pada siklus II keterampilan guru meningkat menjadi 38 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,9 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 23,15 dengan kategori baik. (3) Persentase ketuntasan keterampilan menulis siswa pada siklus I yaitu 70,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan meto-de SAS dengan media papan selip dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis siswa kelas I SDN Ngaliyan 05 Semarang. Dalam kegiatan pembelajaran menulis permulaan, guru sebaiknya me-nerapkan metode SAS dengan media papan selip sehingga kualitas pembelajaran secara keseluruhan dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis permulaan, SAS, papan selip
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 20:28
Last Modified: 12 Sep 2012 20:28

Actions (login required)

View Item