PeningkatkanHasil Belajar Pelaku-Pelaku Kegiatan Perkonomian di Indonesia Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI BERGAS


Sumaiyah. Ani, , 7101408316 (2012) PeningkatkanHasil Belajar Pelaku-Pelaku Kegiatan Perkonomian di Indonesia Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI BERGAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PeningkatkanHasil Belajar Pelaku-Pelaku Kegiatan Perkonomian di Indonesia Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI BERGAS] Microsoft Word (PeningkatkanHasil Belajar Pelaku-Pelaku Kegiatan Perkonomian di Indonesia Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI BERGAS) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pendidikan Indonesia saat ini memusatkan mutu pendidikan pada peningkatan kegiatan Belajar mengajar (KBM). Dalam proses belajar mengajar guru memegang peranan penting yaitu sebagai fasilitator dalam mengoptimalkan keaktifan siswa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kelas VIII ada 17 siswa (65,3%) belum tuntas pada nilai materi pelaku-pelaku kegiatan perekonomian di Indonesia. Hasil tersebut belum optimal karena perhatian siswa kurang, partisipasi anak kurang menyeluruh. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai ”Peningkatan Hasil BelajarPelaku-Pelaku Kegiatan Perekonomian di Indonesia Dengan Model Pembelajaran Think Pair and Share Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI BERGAS”. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil baik pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat yaitu dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 66,9 menjadi 73,2pada siklus I dan 84,2 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 34,6% menjadi 65,3% pada siklus I dan 92,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapatdisimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada materi pelaku-pelaku kegiatan perekonomian di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share siswa kelas VIII SMP PGRI BERGAS. Pembelajaran kooperatif Think Pair and Share dalam pembelajaran lebih meningkatakan hasil belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan model pembelajaran Think Pair and Sharedan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Model Pembelajaran Think Pair and Share
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 08:22
Last Modified: 12 Sep 2012 08:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15339

Actions (login required)

View Item View Item