Pengaruh Persepsi Kompetensi Guru terhadap Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang


Riyan Sari.Kirana,, 7101408283 (2012) Pengaruh Persepsi Kompetensi Guru terhadap Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Pengaruh Persepsi Kompetensi Guru terhadap Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (. Pengaruh Persepsi Kompetensi Guru terhadap Minat Menjadi Guru (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam Undang-Undang Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005 tepatnya Bab III pasal 7 butir (a) diamanatkan bahwa profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip yaitu memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme. Dari prinsip profesionalisme tersebut dapat dilihat bahwa minat pada profesi guru sangatlah penting. Jurusan Pendidikan Ekonomi UNNES berharap mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang pendidikan ekonomi. Hasil observasi awal pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi, diperoleh data bahwa tidak sedikit mahasiswa yang tidak berminat menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNNES. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNNES yang berjumlah 100 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan Ms.Excel dan SPSS. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh secara simultan persepsi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional terhadap minat menjadi guru sebesar 61,9%, ada pengaruh secara parsial persepsi kompetensi pedagogik terhadap minat menjadi guru sebesar 4,62%, ada pengaruh secara parsial persepsi kompetensi kepribadian terhadap minat menjadi guru sebesar 6,35%, ada pengaruh secara parsial persepsi kompetensi sosial terhadap minat menjadi guru sebesar 4,24%, ada pengaruh persepsi kompetensi profesional secara parsial terhadap minat menjadi guru sebesar 4,08%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh baik secara simultan dan parsial persepsi kompetensi pedagogik, kepribadan, sosial, dan profesional terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNNES. Saran yang dapat peneliti berikan hendaknya LPTK Universitas Negeri Semarang pada saat pembekalan PPL dan microteaching ditambahkan pembinaan karier, serta pada saat proses belajar mengajar hendaknya mahasiswa diberikan wawasan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, supaya mempunyai persepsi yang baik tentang kompetensi guru yang bisa meningkatkan minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNNES

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru, Persepsi Kompetensi Guru (Persepsi Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Profesional).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 08:19
Last Modified: 12 Sep 2012 08:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item