Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi SMA/MA Se-Kota Magelang

Adi Wahyudi,, 7101408243 (2012) Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Ekonomi/Akuntansi SMA/MA Se-Kota Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga peran guru dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya harus mempunyai kinerja yang baik. Untuk mewujudkan kinerja yang baik, guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Upaya untuk meningkatkan kinerja guru dapat dilakukan dengan disiplin kerja, motivasi kerja, dan supervisi kepala sekolah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh simultan dan parsial disiplin kerja, motivasi kerja, dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru ekonomi/ akuntansi SMA/MA Se-Kota Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh simultan dan parsial disiplin kerja, motivasi kerja, dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA/MA Se-Kota Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi/akuntansi SMA/MA Se-Kota Magelang yang berjumlah 37 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 orang. Variabel yang diteliti yaitu disiplin kerja, motivasi kerja, dan supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Data penelitian diambil menggunakan angket atau kuesioner, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis diskriptif persentase dan teknik regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh disiplin kerja, motivasi kerja, dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA/MA Se-Kota Magelang sebesar 65,4 %, ada pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 17,56 %, ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 27,77 %, ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 15,21 %. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh simultan dan parsial disiplin kerja, motivasi kerja dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru ekonomi/akuntansi SMA/MA se-Kota Magelang. Saran yang dapat disampaikan yaitu motivasi kerja guru perlu ditingkatkan lagi, khususnya pada indikator keuletan dan indikator kreatifitas. Supervisi kepala sekolah perlu ditingkatkan lagi, khususnya membantu guru dalam meningkatkan potensi pembelajaran dan membantu guru dalam menghadapi masalah-masalah khusus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Supervisi Kepala Sekolah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:03
Last Modified: 12 Sep 2012 04:03

Actions (login required)

View Item