Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Materi Perhitungan Pendapatan Nasional Melalui Metode Think Pair Share pada kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Rayi Wigati, , 7101408216 (2012) Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Materi Perhitungan Pendapatan Nasional Melalui Metode Think Pair Share pada kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Materi Perhitungan Pendapatan Nasional Melalui Metode Think Pair Share pada kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Materi Perhitungan Pendapatan Nasional Melalui Metode Think Pair Share pada kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Metode pembelajaran Ekonomi yang diperlukan saat ini adalah Metode pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan penguasaan materi dan meningkatkan kreativitas siswa karena mata pelajaran ini sifatnya teoritis dan aplikatif. Dari observasi awal yang dilakukan di SMA N 12 Semarang, diperoleh informasi berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Faozi Hidayah, S.Pd selaku guru mata pelajaran Ekonomi kelas X. Materi yang dirasa sulit dipahami siswa secara umum adalah materi Perhitungan Pendapatan Nasional, karena pemahaman siswa akan konsep perhitungan matematis dalam pelajaran Ekonomi rendah. Hal ini diperkuat dengan rata-rata kelas pada materi perhitungan pendapatan nasional yang tergolong cukup rendah jika dibandingkan dengan kompetensi dasar (KD) lainnya yaitu 71,3. Tingkat ketuntasan belajarnya juga rendah yaitu sebanyak 62,5 %. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi perhitungan pendapatan nasional, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan Metode think-pair-share. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA N 12 Semarang Tahun ajaran 2011/2012. Prosedur penelitian ini merupakan proses pembelajaran yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal pos test. Hasil penelitian ini diperoleh presentase aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar 72,5 % dengan kategori baik II dan pada siklus meningkat menjadi 92,5 % dengan kategori amat baik, persentase aktivitas guru pada pembelajaran siklus I yaitu sebesar 81,8 % dengan kategori amat baik dan pada siklus II meningkat menjadi 95,4 % dengan kategori amat baik, rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I adalah 82,8 dengan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 73,3% dan pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 84,9 dan ketercapaian ketuntasan klasikal yaitu sebesar 93,5 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas X.1 SMA N 12 Semarang pada mata pelajaran Ekonomi materi perhitungan pendapatan nasional melalui Metode think-pair-share. Sarannya yaitu guru sebaiknya menggunakan Metode think-pair-share pada materi perhitungan pendapatan nasional, dan sebaiknya guru menggunakan variasi metode pembelajaran yang tepat dengan karakteristik materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode, Think Pair Share, aktivitas, pendapatan nasional
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 08:00
Last Modified: 12 Sep 2012 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15335

Actions (login required)

View Item View Item