Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus

Dana Ratifi Suwardi, 7101408164 (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar siswa pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal (faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri) dan faktor eksternal (faktor yang berasal dari luar). Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bae Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bae Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bae Kudus yang berjumlah 108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 (enam) faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu (1) Faktor psikologi siswa (27,54%), (2) Faktor lingkungan masyarakat (10,18%), (3) Faktor lingkungan keluarga (8,70%), (4)Faktor pendukung belajar (6,98%), (5) Faktor lingkungan keluarga (6,50%), (6)Faktor waktu sekolah (6,23%). Faktor yang memberikan kontribusi paling besar yaitu faktor psikologi siswa sebesar 27,54% dan faktor dengan kontribusi paling kecil yaitu faktor waktu sekolah sebesar 6,23%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Hendaknya keluarga menciptakan suasana rumah yang tenang dan nyaman agar siswa dapat belajar dengan baik dirumah sehingga mendapatkan nilai atau hasil belajar sesuai yang diharapkan, (2) Siswa sebaiknya membagi waktu antara belajar dengan kegiatan-kegiatan siswa baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah, (3) Hendaknya orang tua lebih memperhatikan media massa yang digunakan oleh anak-anaknya agar media massa tersebut tetap berpengaruh positif terhadap kegiatan belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 02:59
Last Modified: 12 Sep 2012 02:59

Actions (login required)

View Item