MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING


Khusnul Chotimah, 4102904144 (2006) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING] PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 01 TAHUN PELAJARAN 2005 / 2006 PADA POKOK BAHASAN VOLUM KUBUS DAN BALOK MELALUI COOPERATIVE LEARNING) - Published Version
Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih begitu banyak siswa yang menganggap bahwa matematika itu sangat sulit. Ini terjadi karena dalam pembelajaran matematika di kelas kurang mengaplikasikan konsep dan matematisasi “Dunia Nyata”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil presentasi belajar siswa kelas V SD Bendungan 01 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Alasan pemilihan judul skripsi ini adalah pelajaran matematika masih dianggap pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa sehingga hasil belajar matematika rendah. Supaya memudahkan siswa dalam memahami materi volum benda ruang kubus dan balok perlu bantuan alat peraga kubus dan balok transparan dengan pendekatan cooperative learning, karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membantu guru dalam menyampaikan pelajaran. Penelitian pada skripsi ini mengungkapkan permasalahan, rendahnya hasil belajar matematika dalam penguasaan materi volum benda ruang kubus dan balok siswa SD Bendungan 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Cara memperoleh data dengan metode tes pada akhir pokok bahasan melalui tes tertulis dan lembar pengamatan. Penelitian ini dikatakan berhasil jika kelas yang dikenai tindakan memenuhi sekurang-kurangnya 80% siswa mendapat nilai minimal Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan sub pokok bahasan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada tes siklus I adalah 27,6% siswa mendapat nilai maksimal 64, 75 % siswa mendapat nilai minimal 65. Pada siklus II 8,3 % mendapat nilai maksimal 64, 91,6 % siswa mendapat nilai minimal 65 dan nilai rata-rata kelas 8,1, sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga kubus dan balok transparan dengan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu penulis menyarankan agar guru dalam pembelajaran matematika sebaiknya menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai, salah satunya adalah dengan menerapkan pendekatan cooperative learning sebagai alternatif terutama pada materi bangun ruang kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2011 01:16
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1533

Actions (login required)

View Item View Item