Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Tri Mulya Semarang


Rezal Kurniadin, 7101407287 (2012) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Tri Mulya Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Tri Mulya Semarang] Microsoft Word (Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Tri Mulya Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dengan kompetensi pedagogik guru yang baik yang terlihat dari kemampuan merumuskan tujuan instruksional, kemampuan mengenal dan menggunakan metode mengajar, kemampuan memilih dan menyusun prosedur instruksional yang tepat, kemampuan melaksanakan progam belajar mengajar dan kemampuan merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial serta didukung adanya fasilitas belajar yang memadai berupa ruaang tempat belajar, penerangan, buku pegangan dan laboratorium yang lengkap maka akan memperoleh hasil belajar berupa kemampuan menguasai mata pelajaran produktif yang lebih baik. Serta adanya motivasi belajar yang baik yang terlihat dari ketekunan dan ketepatan waktu siswa dalam mengumpulkan tugas seharusnya dapat meningkatkan prestasi belajar produktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran produktif 2) adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar produktif baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar 3) adakah pengaruh motivasi belajar siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Tri Mulya Semarang terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif 4) seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif 5) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar, motivasi belajar dan prestasi belajar mata pelajaran produktif 2) pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar produktif baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar 3) pengaruh motivasi belajar siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Tri Mulya Semarang terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif 4) seberapa besar pengaruh kompetensi pedagogik guru, fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif 5) seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Tri Mulya Semarang yang berjumlah 66 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik guru (X1) dan fasilitas belajar (X2), variabel intervening yaitu motivasi belajar (Y) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Z). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif persentase dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru termasuk dalam kategori baik yaitu 65,15%, fasilitas belajar dalam kategori sangat baik yaitu 37,88%, motivasi belajar dalam kategori cukup baik yaitu 37,88% dan prestasi belajar dalam kategori belum tuntas. Ada pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif. Kompetensi pedagogik guru berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0,702, fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0,755, sedangkan motivasi belajar berpengaruh sebesar 0,697, variabel residu terhadap motivasi belajar sebesar 0,488 dan variabel residu terhadap prestasi belajar sebesar 0,670. Kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar meningkat maka prestasi belajar meningkat baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar pada siswa kelas XI di SMK Tri Mulya Semarang. Motivasi belajar meningkat maka prestasi belajar meningkat pada mata pelajaran produktif. Selanjutnya peneliti menyampaikan beberapa saran kepada guru hendaknya memberikan metode belajar yang tidak monoton, bagi siswa hendaknya rajin mengerjakan tugas yang diberikan guru, bagi sekolah lebih meningkatkan kualitas dan kuatitas fasilitas belajar dengan memperhatikan kelengkapan dan kondisi yang memadai serta berdaya guna bagi siswanya seperti kebersihan dan kelengkapan ruang tempat belajar, penerangan dan fasilitas laboratorium untuk menunjang kegiatan belajar mengajar mata pelajaran produktif agar lebih baik. Untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa disarankan agar mengembangkan variabel bebas lain yang meliputi faktor internal seperti kecerdasan, minat, disiplin maupun faktor eksternal yang meliputi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, karena prestasi belajar sangat banyak dipengaruhi faktor lain selain yang dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 06:38
Last Modified: 12 Sep 2012 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item