Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah, Gaya Belajar Siswa Dan Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011


Arina Eiska Mahendrastuti,, 7101407033 (2012) Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah, Gaya Belajar Siswa Dan Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah, Gaya Belajar Siswa Dan Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pengaruh Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah, Gaya Belajar Siswa Dan Media Pembelajaran Berbasis Internet Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf yang dicapai oleh setiap anak didik dalam periode tertentu. Indikator prestasi belajar dalam penelitian ini adalah nilai UAS semester genap kelas XI IPS. Pemanfaatan sarana prasarana sekolah, gaya belajar siswa, dan media pembelajaran berbasis internet diindikasikan sebagai penyebab masih rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan sarana prasarana sekolah, gaya belajar siswa dan media pembelajaran berbasis internet terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2010/2011 baik secara simultan maupun secara parsial. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pemanfaatan sarana prasarana sekolah, gaya belajar siswa, dan media pembelajaran berbasis internet terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang tahun ajaran 2010/2011 baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah responden sebanyak 191 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 129 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil perhitungan menggunakan analisis regresi berganda diperoleh persamaan garis regresi Y = 45,310 + 0,249X1 + 0,175X2 + 0,178X3. Hasil perhitungan besarnya pengaruh secara simultan sebesar 49,5%. Secara parsial ada pengaruh pemanfaatan sarana prasarana sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 18,5%, pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 10,8%, dan pengaruh media pembelajaran berbasis internet terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 8,5%. Berdasarkan hasil penelitian, pihak sekolah hendaknya menambah buku-buku referensi akuntansi agar tercapainya prestasi belajar siswa yang baik, guru harus dapat memvariasikan gaya mengajar agar gaya belajar siswa dapat didapatkan secara menyeluruh terutama dalam hal mempraktikan teori akuntansi, dan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis internet sesuai dengan porsinya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Pemanfaatan Sarana Prasarana Sekolah, Gaya Belajar Siswa, Media Pembelajaran Berbasis Internet.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 03:54
Last Modified: 12 Sep 2012 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item View Item