Pengaruh Pengetahuan Akademik Guru dan Pengetahuan Aktual Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Batangan Kab. PATI Tahun Ajaran 2010/2011

Anda Prasetya,, 7101407017 (2012) Pengaruh Pengetahuan Akademik Guru dan Pengetahuan Aktual Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Batangan Kab. PATI Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar dapat ditunjukkan dengan skor atau angka yang menunjukkan nilai-nilai dari sejumlah mata pelajaran yang menggambarkan pengetahuan dan ketrampilan yang dicapai oleh siswa, sedangkan untuk memperoleh nilai digunakan tes terhadap mata pelajaran terlebih dahulu. Permasalahan yang diungkap: (1) Apakah terdapat pengaruh pengetahuan akademik guru dan pengetahuan aktual guru terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Batangan tahun ajaran 2010/2011? (2) Apakah terdapat pengaruh pengetahuan akademik guru terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Batangan tahun ajaran 2010/2011? (3) Apakah terdapat pengaruh pengetahuan aktual guru terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Batangan tahun ajaran 2010/2011?. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Batangan yang terdiri dari kelas XI IPS1, XI IPS2, dan XI IPS3 yang berjumlah 110 siswa. Semua populasi dalam penelitian sebagai sampel dengan variabel pengetahuan akademik guru dan pengetahuan aktual guru. Data yang diperoleh dari kuesioner dan dokumentasi selanjutnya dianalisis menggunakan unit analisis. Pengetahuan akademik guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa SMA N 1 Batangan sebesar 27,98%. Hasil analisis deskriptif presentase menunjukkan pengetahuan akademik guru dalam kategori baik yaitu sebesar 49%. Sedangkan pengetahuan aktual guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi sebesar 26,83%. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan pengetahuan aktual guru dalam kategori sangat baik yaitu sebesar 45%. Pengetahuan akademik guru dan pengetahuan aktual guru berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi akuntansi siswa SMA N 1 Batangan sebesar 53,4 %. Ada pengaruh pengetahuan akademik guru dan pengetahuan aktual guru terhadap prestasi belajar siswa secara simultan maupun parsial. Diharapkan para pembaca khususnya para calon-calon pendidik dan pengajar agar meningkatkan pengetahuan akademik dan pengetahuan aktual untuk mempersiapkan diri menuju dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Akademik, Pengetahuan Aktual, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Sep 2012 23:49
Last Modified: 11 Sep 2012 23:49

Actions (login required)

View Item