Meningkatkan Prestasi Belajar ‘Macam-Macam Badan Usaha’ Siswa Kelas Vii Smp Majelis Tafsir Alquran Gemolong Sragen Dengan Model Numbered Head Together (NHT)


Margasari,Devi Aryani, 7101406587 (2012) Meningkatkan Prestasi Belajar ‘Macam-Macam Badan Usaha’ Siswa Kelas Vii Smp Majelis Tafsir Alquran Gemolong Sragen Dengan Model Numbered Head Together (NHT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Prestasi Belajar ‘Macam-Macam Badan Usaha’ Siswa Kelas Vii Smp Majelis Tafsir Alquran Gemolong Sragen Dengan Model Numbered Head Together (NHT)] Microsoft Word (Meningkatkan Prestasi Belajar ‘Macam-Macam Badan Usaha’ Siswa Kelas Vii Smp Majelis Tafsir Alquran Gemolong Sragen Dengan Model Numbered Head Together (NHT)) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran akan bermakna apabila terjadi kegiatan belajar murid. Pada proses belajar merupakan hal yang penting agar hasil belajar optimal. Hasil observasi awal di SMP MTA Gemolong Sragen kelas VII H menunjukkan 20 siswa yang belum tuntas dari 32 siswa pada nilai macam-macam badan usaha.Pembelajaran di SMP MTA masih kurang optimal disana masih menggunakan model ceramah, siswa kurang memperhatikan dan pasif. Dengan adanya kondisi tersebut guru diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa terlibat aktif dalam proses belajar-mengajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai ” Meningkatkan Prestasi Belajar ‘Macam-Macam Badan Usaha’ Siswa Kelas VII Smp Majelis Tafsir Alquran Gemolong Sragen Dengan Model Numbered Head Together (NHT)”. Hasil baik pada siklus I dan siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat yaitu dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 68 menjadi 73 pada siklus I, dan 90 pada siklus II, dan ketuntasan klasikal dari 38,7% menjadi 73% pada siklus I, 93% pada siklus II dan 88% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan metode pembelajaran dengan menggunakan kooperatif Numbered Head Together sangat efektif karena siswa dilatih menjadi lebih aktif dan bisa bekerja sama sehingga mata pelajaran akan mudah diingat karena ada saling membantu antara teman. Dalam metode ini akan tercipta suasana yang lebih nyaman karena siswa tidak tegang, mereka merasa lebih rilex dapat berbincang bersama teman dalam kelas ketika pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Numbered Head Together, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Sep 2012 03:46
Last Modified: 12 Sep 2012 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15312

Actions (login required)

View Item View Item