PENGARUH PEMANFAATAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENCAPAIAN TINGKAT APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X


Robiatul Adawiyyah , 2101406058 (2011) PENGARUH PEMANFAATAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENCAPAIAN TINGKAT APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENCAPAIAN TINGKAT APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X] PDF (PENGARUH PEMANFAATAN MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENCAPAIAN TINGKAT APRESIASI PUISI PADA SISWA KELAS X) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pencapaian tingkat apresiasi puisi bagi siswa merupakan satu faktor penting dalam pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran agar memudahkan siswa mengapresiasi puisi. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam pencapaian tingkat apresiasi puisi adalah musikalisasi puisi. Dari latar belakang masalah tersebut, permasalahan yang diangkat dalam peneltian ini adalah apakah pemanfaatan musikalisasi puisi berpengaruh terhadap pencapaian tingkat apresiasi puisi pada siswa kelas X? Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan musikalisasi puisi terhadap pencapaian tingkat apresiasi puisi pada siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keterampilan apresiasi puisi siswa kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang. Sementara itu, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang dengan dua kelas, pertama sebagai kelas eksperimen dan kedua sebagai kelas kontrol. Berdasarkan teknik cluster random sampling, siswa pada kelas eksperimen menggunakan kelas X B yang berjumlah 37 siswa. Kemudian untuk kelas kontrolnya menggunakan kelas X C dengan jumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, kuesioner (angket), serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan musikalisasi puisi berpengaruh terhadap pencapaian tingkat apresiasi puisi pada siswa kelas X MA Al-Asror Patemon Gunungpati Semarang. Rata-rata hasil posttes yang diperoleh pada kelas kontrol sebesar 6,3 dan pada kelas eksperimen sebesar 7,6. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa thitung sebesar 23,14. Nilai ttabel untuk dk 71 dan α = 5% untuk uji beda dua pihak adalah sebesar 2,00. Dengan demikian H0 ditolak karena thitung (23,14) > ttabel (2,00), sehingga H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan, sehingga terdapat pengaruh pemanfaatan musikalisasi puisi dalam pembelajaran terhadap pencapaian tingkat apresiasi puisi siswa. Pemanfaatan musikalisasi puisi berdasarkan hasil angket dan observasi juga dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian, pemanfaatan musikalisasi puisi ini diharapkan dapat dijadikan media alternatif sebagai pembelajaran apresiasi puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: apresiasi puisi, musikalisasi puisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Apr 2011 01:15
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item