Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa kelas IX SMP N 13 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012


Ika Septiningrum, 1301406006 (2012) Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa kelas IX SMP N 13 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa kelas IX SMP N 13 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa kelas IX SMP N 13 Magelang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri anak yang mampu menimbulkan kesemangatan atau kegairahan belajar. Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar, karena perbuatan belajar akan terwujud apabila ada motivasi belajar dari dalam diri siswa. Namun pada kenyataannya, beragamnya status sosial ekonomi para siswa, tentunya akan membuat dampak yang berbeda juga bagi motivasi belajar masing-masing siswa tersebut. Tentunya motivasi belajar harusnya dapat dimiliki oleh setiap siswa tanpa terkecuali dan tanpa memandang status sosial ekonomi seseorang. Justru dengan adanya latar belakang keluarga yang dianggap menengah kebawah oleh masyarakat, seseorang harusnya dapat lebih membuktikan bahwa para siswa dari golongan bawahpun dapat meraih prestasi yang tinggi sehingga dibutuhkan motivasi yang tinggi pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa tingkat status sosial ekonomi keluarga, mendeskripsikan dan menganalisa tingkat motivasi belajar siswa, dan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pengaruh status sosial ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas IX Tahun Ajaran 2011/2012 Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif korelasional dan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah status sosial ekonomi keluarga sedangkan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Populasi penelitian sebanyak 191 siswa dan sampel penelitian sejumlah 48 siswa. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment dan untuk menguji tingkat reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS versi 16.0 korelasi Pearson. Tingkat status sosial ekonomi keluarga siswa tergolong dalam kriteria menengah, sedangkan tingkat motivasi belajar siswa tergolong dalam kriteria sedang. Hasil perhitungan korelasi sebesar 0,029 dengan nilai signifikansi hitung sebesar 0,844 > 0,050, yang berarti terdapat korelasi akan tetapi korelasi itu sangat lemah/ rendah sehingga korelasi itu diabaikan (dianggap tidak ada).Dengan demikian, hubungan status sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar adalah lemah. Jadi belum tentu ada hubungan status sosial ekonomi keluarga dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi Keluarga, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:43
Last Modified: 12 Sep 2012 10:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15309

Actions (login required)

View Item View Item