Pemanfaatan Situs Cagar Budaya (SCB) di Kabupaten Kendal Berbasis Sejarah Lokal dalam Pembelajaran sejarah siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Cepiring

Bagas Sri Raharja, 3101408081 (2012) Pemanfaatan Situs Cagar Budaya (SCB) di Kabupaten Kendal Berbasis Sejarah Lokal dalam Pembelajaran sejarah siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Cepiring. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pemanfaatan situs sejarah sebagai pembelajaran sejarah berbasis sejarah lokal merupakan metode baru dalam pembelajaran sejarah di luar sekolah, dengan memanfaatkan Situs Cagar Buadaya yang ada di sekitar sekolah guru dapat mengajarkan arti dari pembelajaran sejarah yang lebih nyata karena menggunakan cerita sejarah lokal yang terkandung didalam situs cagar budaya tersebut. Masalah yang ditemui pada siswa SMA N 1 Cepiring yaitu kurangnya antusiasme dan pemahaman siswa pada pelajaran sejarah, sehingga guru memiliki inisiatif melakukan pembelajaran di luar sekolah dengan memanfaatkan bangunan cagar budaya di Kabupaten Kendal sebagai media belajar sejarah. Rumusan masalah yang dikaji. 1) Bagaimanakah pemanfaatan SCB di Kendal berbasis sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah siswa SMA N 1 Cepiring. 2) Adakah dampak Pemanfaatan SCB berbasis sejarah lokal terhadap Minat dan antusisme siswa dalam pembelajaran Sejarah siswa SMA N 1 Cepiring. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan Pemanfaatan SCB di Kabupaten Kendal Berbasis Sejarah Lokal dalam pembelajaran sejarah siswa Kelas XI IS SMA Negeri 1 Cepiring. 2) Mendiskripsikan dampak Pemanfaatan SCB di Kabupaten Kendal berbasis sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah SMA N 1 Cepiring. Manfaat penelitian adalah memberi masukan pada guru untuk memanfaatkan bangunan cagar budaya di kendal sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, peneliti menceritaskan kembali pelaksanaan pembelajaran di luar sekolah yang telah dilakukan oleh guru. Data diperoleh dari wawancara dan observasi langsung, informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa kelas XI IPS. Hasil dari penelitian mengungkapkan pembelajaran dengan memanfaatkan situs cagar budaya yang dilakukan guru memiliki pengaruh yang sangat baik dalam pembelajaran sejarah SMA N 1 Cepiring, siswa menjadi mengetahui sejarah lokal yang berkaitan dengan situs cagar budaya tersebut. Sehingga siswa lebih memahami pelajaran sejarah disekolah. Siswa juga lebih antusias dan berminat dalam mempelajari sejarah di daerahnya sendiri. Kesimpulan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs cagar budaya berbasis sejarah lokal berdampak kepada meningkatnya pengetahuan siswa tentang sejarah lokal yang ada di lingkungan siswa, siswa jauh lebih antusias dan tertarik terhadap pembelajaran sejarah berbasis sejarah lokal yang dilakukan oleh guru, hal ini diharapkan berdampak kepada meningkatnya prestasi di sekolah dan pemahaman sejarah siswa tentang sejarah lokal di Kabupaten Kendal. Saran guru terus melakukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya seperti memanfaatkan bangunan cagar budaya sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Situs, Sejarah Lokal, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Sep 2012 22:18
Last Modified: 11 Sep 2012 22:18

Actions (login required)

View Item