Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar Pada Bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah.


Yuli Utami, 3354303035 (2006) Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar Pada Bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar Pada Bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah.] PDF (Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar Pada Bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah.) - Published Version
Download (265kB)

Abstract

Salah satu faktor kelancaran organisasi adalah ketertiban dan kelancaran dalam pengurusan administrasi pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah? (2) Bagaimana cara mengarsip surat (surat masuk dan surat keluar) pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah? Prosedur Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. (2) untuk mengetahui cara mengarsip surat (surat masuk dan surat keluar) pada Bagian Kepagawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. Lokasi Penelitian di bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah, objek kajian dari penelitian ini adalah prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar di bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah. Operasional konsep dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan maupun penanganan surat menyurat yang baik, sesuai dengan prosedur. Surat menyurat memberikan manfaat hubungan baik antara organisasi dengan lembaga lain atau perusahaan dengan masyarakat sehingga akan meningkatkan nama baik (good will) organisasi tersebut. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka, data yang dikumpulan dianalisis dengan analisis dekriptif. Prosedur Pengelolaan surat masuk dibagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah menggunakan buku agenda, Kartu Kendali Surat Masuk (KKSM) dan Lembar Disposisi. Sedangkan untuk surat keluar menggunakan Kartu Kendali Surat Keluar dan buku agenda verbal. Penyimpanan surat masuk dan keluar menggunakan sistem pokok surat (sistem subyek) yang telah ditentukan oleh Pemerintah pusat. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Prosedur Pengelolaan surat masuk dibagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah sudah baik sesuai antara teori dan fakta yang ada di lapangan. Tetapi masih adanya kendala yaitu pengembalian surat yang telah dipinjam terkadang kurang diperhatikan, sehingga perlu adanya pemantauan, dan ketelitian petugas Unit Pengolah bagian Kepegawaian Badan Pengawas Provinsi Jawa Tengah dalam peminjaman arsip dalam bentuk satu ordner atau lembaran surat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 15 Apr 2011 01:03
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item